Type something and hit enter

Solusi Android sering tidak terbaca atau tidak bisa connect di komputer/laptop - Bagaimana cara mengatasi  Android tidak terbaca di komputer atau laptop. Meski kabel data sudah terkoneksi tapi tidak muncul di laptop. Masalah ini terjadi saat ingin mengisi lagu, mengirim gambar, atau mengirim file apapun dari komputer ke smartphone atau tablet.

Ada beberapa penyebab yang membuat smartphone Android tidak terbaca terbaca di laptop atau PC Anda. Entah itu kondisi kabel data USB yang rusak, pengaturan yang salah, atau bahkan driver komputer Anda yang tidak kompatibel dengan telepon usb Anda.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk memecahkan masalah tersebut. Anda bisa melakukanya dengan tutorial cara mengatasi Android tidak terbaca di komputer yang berada dibawah ini.
Cara Terbaru Mengatasi Android tidak Terdeteksi di PC

Cara Mengatasi Android tidak Terdeteksi di Laptop/Komputer

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel Android tidak terdeteksi atau mudah dibaca saat menghubungkannya ke komputer atau laptop anda. Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Perhatikan Pemasangan kabel USB Android

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa kabel usb Android sudah terpasang dengan benar.  Hal ini juga bisa menjadi permasalahan Android terbaca di komputer. Silahkan coba kencangkan, mungkin sedikit longgar, jika masih tidak terbaca di komputer mungkin ada permasalahan lainnya.

Baca juga: 7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Smartphone

Pastikan USB anda tidak rusak

Pastikan bahwa kabel USB yang Anda gunakan masih berfungsi dengan baik. Untuk melihat apakah kabel usb tidak rusak dan masih bisa digunakan, silahkan hubungkan smartphone ke komputer atau laptop. Kemudian lihat apakah notifikasi atau pemberitahuan tersebut muncul di smartphone Android Anda.

Jika tidak muncul ada kemungkinan kabel Anda rusak atau tidak kompatibel dengan smartphone Anda, biasanya kabel usb seperti ini hanya bisa digunakan untuk charging atau hanya mengisi batrai saja dan tidak bisa digunakan untuk transfer file.

Pastikan untuk menggunakan kabel asli (original) bawaan smartphone Android Anda. Jika kabelnya rusak atau hilang, Anda bisa membelinya atau meminjam sub kabel milik seorang teman yang merek smartphone-nya sama dengan milik Anda.

Pastikan Driver USB di Komputer Anda Sudah Terinstal

Untuk melihat apakah driver USB di komputer Anda telah terinstal, periksa Manajer Perangkat di jendela. Caranya yaitu klik Start »Klik kanan pada Computer» Properties »Device Manager. Kemudian layar Device Manager akan muncul di komputer Anda, lihat Universal Serial Bus controllers jika driver terinstal dengan benar.

Driver adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengenali perangkat keras yang terhubung ke komputer, driver untuk berbagai merek Android hp sebenarnya otomatis sudah terinstal dengan benar saat windows dipasang karena untuk versi windows 7, windows 8, 81, Windows 10 dan lainnya, driver memiliki satu paket.

Instal Driver Perangkat USB Android untuk Semua Merek Ponsel

Jika terasa kabel USB tidak rusak dan masih bisa bekerja dengan baik dan tidak ada driver usb komputer atau laptop yang bermasalah, bisa jadi masalah yang menyebabkan oleh usb Android tidak terdeteksi karena driver pada Android tidak kompatibel dengan windows.

Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan install USB Device Drivers, bagian perangkat Anda berbeda-beda, ada merk samsung galaxy, HTC, motorola, google nexus, lg, sony dan lain-lain. Untuk mendownloadnya perhatihan merk dan seri smartphone Android anda.

Simak pula: 6 Hal Terlarang pada Smartphone Android

Mengatur Android ke Mode File Transfer (MTP)

Hal ini paling sering dilupakan oleh pengguna smartphone. Saat kita menghubungkan perangkat Android ke komputer kan diatur ke mode USB yang digunakan sebagai Charging, jadi ponsel yang sudah terkoneksi hanya sebagai charger, tidak bisa digunakan untuk mengirim file dari komputer ke ponsel Android atau sebaliknya.

Untuk memperbaikinya sangat mudah, Anda hanya perlu mengubah setting ponsel Anda ke mode File Transfer atau Media Device (MTP).Berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

  1. Sambungkan telepon ke computer atau laptop.
  2. Setelah terdeteksi, biasanya akan muncul pemberitahuan USB for Charging pada status bar Android anda. Sentuh notifikasi atau pemberitauan tersebut untuk mengubahnya. Atau bisa juga melalui menu Settings » Storage & USB.
  3. Kemudian pilih File Transfer.
  4. Selesai! Sekarang coba cek di komputer windows entah sudah terdeteksi apa yang belum. Klik Mulai »Tampilan komputer di bagian Perangkat Portabel Device, kemudian smartphone Anda sudah dibaca di komputer Anda. 

Sekarang Anda bisa mengirim file dari komputer Anda ke ponsel Android atau sebaliknya.