Type something and hit enter

Cara mudah bedakan MicroSD asli dan palsu - Semakin berkembangnya teknologi, produk dan perangkat elektronik dibuat lebih tipis dan lebih simple. Media penyimpanan SD Card atau memori eksternal juga mengalami penyusutan ukuran hingga ukuran menjadi MicroSD.

Adapun cara membedakan MicroSD asli dan palsu ini dapat Anda lakukan pada merk MicroSD Sandisk, v-gen, dan lainnya. Pasti akan ketahuan keaslian dari MicroSD tersebut, melalui ciri-ciri microsd asli yang akan dijelaskan berikut.

Produk elektronik yang begitu kecil yang digunakan sebagai alternatif media penyimpanan smartphone dan tablet android. Dengan harga yang ditawarkan relative mahal, banyak beredar MicroSD Palsu yang tidak ber-merek yang dijual dengan harga murah. Beberapa cara membedakan microsd asli atau palsu dilakukan untuk menghindari penipuan.
Cara Membedakan MicroSD Asli dan Palsu

Cara Membedakan MicroSD Asli Atau Palsu

Untuk membedakan MicroSD asli atau palsu dibutuhkan kejelian dalam meneliti produk, dari fisik, kecepatan transfer dan warna dari produk tersebut. Cara membedakan microsd asli atau palsu sebagai berikut:

Cek Fisik MicroSD

Mengecek keaslian MicroSD dengan melihat fisik terbilag cukup sulit, damun dapat langsung terlihat perbedaannya saat teliti ketika melihatnya. Pada MicroSD asli tulisan tercetak dengan sangat rapih sedangkan yang palsu tulisan terlihat tidak rapih. MicroSD asli akan tercantum merek dari MicroSD untuk MicroSD palsu biasanya hanya di pasang Sticker dan tidak ada merek apapun dari MicroSD. Pada MicroSD asli belakangnya terdapat cat dengan cat khusus, sehingga warnanya terlihat lebih cerah. Sedangkan pada MicroSD palsu tidak terdapat cat khusus.

Gunakan Aplikasi SD Insight

HumanLogic mengeluarkan aplikasi SD Insight yang tersedia gratis di Google Play Store yang memiliki fungsi untuk melihat keaslian dari MicroSD. Aplikasi  SD Insight mampu melihat kea keaslian dari Micro SD dengan melihat informasi detail dari tanggal pembuatan, model microSD, produsen pembuat, dan nomor serial. MicroSD palsu dipastikan tidak akan terdeteksi oleh aplikasi SD Insight. Smartphone Android, baik itu OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Xiaomi, Panasonic, dan lainnya, sudah kompatibel dengan aplikasi SD Insight.

Cek Kapasitas MicroSD

Kesesuaian kapasitas MicroSD menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui. Apabila saat  membeli MicroSD dengan kapasitas 8 GB yang tertera pada bungkus atau tertulis di microSD. Maka setelah MicroSD dipasang kedalam smartphone, kapasitas yang tertera juga harus 8 GB. Namun jika Kapasitas yang tertera hanya 6 GB saat sudang terpasang padasmartphone dan setelah di format tetap 6 GB maka Micro SD tersebut patut untuk di pertanyakan.

Cek Kecepatan Transfer Data Micro SD

Setiap jenis MicroSD dibedakan dengan class-class tertentu, dengan perbedaan kecepatan transfer dari MicroSD. Perlu diketahui kecepatan tulis setiap kelas sehingga dapat mengetahui keaslian dari MicroSD tersebut. Apabila MicroSD melakukan transfer data dengan kecepatan kurang dari standart yang ada bisa dipastikan MicroSD tersebut Palsu Berikut pengertian class-class MicroSD dengan kecepatan transfer data:

Speed class

Class 0
Memory yang tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum atau kecepatan tulis.

MicroSD Class 2
Memory yang memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum atau kecepatan tulis sebesar 2 MB atau setara 16 Mbps.

MicroSD Class 4
Memory yang memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum atau kecepatan tulis sebesar 4 MB atau setara 32 Mbps.

MicroSD Class 6
Memory yang memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum atau kecepatan tulis sebesar 6 MB atau setara 48 Mbps.

MicroSD Class 8
Memory yang memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum atau kecepatan tulis sebesar 8 MB atau setara 64 Mbps.

MicroSD Class 10
Memory yang memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum atau kecepatan tulis sebesar 10 MB atau setara 80 Mbps.

Ultra Speed Class

UHS Speed Class 1
Memory yang memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum atau kecepatan tulis sebesar 10MB atau 80Mbps.

UHS Speed Class 3
Memory yang memiliki kecepatan Transfer Rate Minimum atau kecepatan tulis sebesar 30MB atau 240Mbps.

Micro SD Class 10 menjadi memori terbaik saat ini dengan kecepatan transfer data hingga 10 MB/s untuk kategori speed class. Memutar video kualitas HD dengan kualitas yang sangat baik dan lancer dengan menggunkaan MicroSD Class 10. Dengan kecepatan transfer data menggunakan PC akan lebih cepat dan optimal.

Baca juga: Cara Terbaik Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Harga MicroSD Harus Sesuai Standar

MicroSD asli memiliki harga yang standar tergantung dengan kapasitas, class serta merek MicroSD tersebut. Apabila Micro SD memiliki harga yang sangat murah, maka teliti dulu sebelum membeli bisa saja MicroSD tersebut palsu. MicroSD asli mendapat garansi produk dari MicroSD yang dibeli, minimal 2 minggu atau satu bulan.

Gambar: makeuseof.com