Type something and hit enter

Aplikasi Android Populer yang Harusnya Tidak Diinstal atau Dihapus - Kehadiran aplikasi dakam smartphone tentu sangat menunjang segala kegiatan dan keasyikan dalam menggunakannya? Banyaknya aplikasi yang disuguhkan oleh developer aplikasi dan disediakan di Play Store ataupun App Store, baik gratis ataupun berbayar, tentu mengundang Anda untuk mengunduhnya kemudian menginstalnya di android Anda.
aplikasi yang harus dihapus di android

Aplikasi memang menjadi bagian penting dalam smartphone. Dengan menginstalnya, Anda bisa melakukan banyak hak seperti chating, browsing, mengunduh  dan mengupload file, bersosial media, melakukan surat menyurat elektronik dan sebagainya. Namun, dari sekian banyaknya aplikasi yang tersedia, tentu Anda juga harus memilah-milah mana aplikasi yang Anda butuhkan mana yang tidak.

Dan misalkan Anda sudah tahu kebutuhan Anda akan aplikasi, Anda kembali akan dibenturkan dengan deretan pilihan aplikasi yang membuat Anda harus pintar-pintar memilih aplikasi yang bagus dan terbaik.

Biasanya untuk suatu kebutuhan aplikasi, banyak orang akan memilih berdasarkan aplikasi yang banyak diminati orang ataupun aplikasi populer. Namun, tahukan Anda, ada beberapa aplikasi android populer yang tak harus diinstal di smartphone Anda? Selain karena banyaknya iklan, ternyata aplikasi tersebut ternyata sama sekali tidak dibutuhkan ataupun promosinya hanya menipu Anda agar mendownloadnya.

Apa saja aplikasi android populer yang harusnya tidak diinstal? Simak ulasan berikut.

1. Clean It

Anda yang biasa sering mengeluhkan kinerja smartphone yang lambat dan menganggap bahwa hal ini terjadi karena banyaknya cache yang menumpuk di memori RA, pasti akan tertarik untuk menginstal aplikasi pembersih cache atau sampah elektronik.

Melihat ratting yang tinggi di Play Store dan banyaknya pengguna yang mendownload aplikasi pembersih cache, bisa saja pilihan Anda jatuh ke aplikasi Clean It. Namun sebenarnya, aplikasi ini tidak bekerja sebagaimana yang Anda harapkan.

Fitur-fitur yang disediakan, yang katanya dapat meningkatkan kinerja smartphone dan  membersihkan RAM dari cache, sebenarnya tidak demikian. Malah Anda semakin menambah penuh RAM memori Anda dengan menginstal aplikasi ini.

Memang benar, aplikasi ini dapat menghapus cache aplikasi lain, namun apakah Anda tahu, semua sampah elektronik tersebut tertampung di aplikasi Clean It ini. Selain itu, aplikasi ini juga membuat baterai smartphone Anda cepat habis. Belum lagi banyaknya iklan yang bertebaran di dalam aplikasi ini, membuat kesal ketika menggunakannya.

Baca juga: 7 Aplikasi Terbaru Mempercepat Koneksi Internet di Android

Namun akibat yang di timbulkan justru baterai jadi boros, selain itu yang perlu kamu ketahui adalah CLEAN it juga menawarkan berbagai produk lewat iklan, ini artinya CLEAN it tidak benar-benar jadi tukang sapu atau bersih-bersih sampah melainkan ia kerja sendiri dan juga ikut menyesaki RAM serta menguras data.

Aplikasi serupa dari Ckean It ini yang memiliki fungsi sama sebagai pembersih cache yaitu Clean Master. Dua aplikasi ini termasuk populer, namun sebaiknya tidak perlu Anda instal.

Jika pun Anda ingin membersihkan cache dari smartphone Anda, sebaiknya lakukan secara manual saja. Jadi tidak perlu menginstal aplikasi apapun yang dapat menambah memori RAM Anda. Hanya dengan masuk ke pengaturan smartphone, kemudian manajer aplikasi dan pilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus. Sesederhana itu saja cara menghapus sampah elektronik dari android Anda.

2. DU Battery Saver & Fast Charge

Jika Anda mencari aplikasi yang dapat mempercepat pengisian baterai sekaligus menghemat daya baterai Anda, maka deretan terdepan dari baris aplikasi yang serupa akan muncul DU Battery Saver & Fast Charge. Aplikasi ini termasuk populer dan banyak digunakan oleh pengguna android.

Hanya saja, sebelum Anda menginstal aplikasi ini di smartphone, Anda harus mengetahui bahwa tidak ada aplikasi yang dapat mempengaruhi proses percepatan pengisian baterai. Karena antara perangkat keras dan lunak tidak berhubungan sama sekali. Jika pun ada aplikasi yang dapat menghemat baterai, ini bisa benar dan terbukti.

Simak juga: Penyebab HP Cepat Panas dan Boros Baterai Serta Cara Mengatasinya

3. Aplikasi Anti Virus

Sebenarnya, smartphone tidak membutuhkan aplikasi anti virus yang banyak bertebaran di Play Store. Karena pada smartphone sendiri terdapat perangkat yang dapat menangkal virus dari luar.

Dan jika pun terjadi serangan malware, itu karena pengguna smartphone secara sembarangan menginstal aplikasi dari pihak ketiga, yang tidak terjamin keamanannya.

4. ES File Explorer

Pada ES File Explorer versi free, terdapat banyak bloatware dann ad-ware yang dapat menjebak Anda untuk menggunakan aplikasi versi pro. Memang, pada kenyataannya aplikasi ini sangat membantu Anda dalam mencari file-file yang data yang tersimpan di smartphone. Namun kemudahan ini hanya Anda dapatkan pasa versi pro-nya.

Demikian deretan aplikasi populer yang harusnya tidak diinstal di smartphone Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memilih aplikasi yang tepat untuk semua kenyamanan Anda dalam menggunakan android.

Sumber gambar: pcmag.com