Type something and hit enter

Kerugian dan Resiko Root Smartphone Android - Root adalah proses yang membantu Anda mendapatkan akses untuk mengontrol penuh atas smartphone android. Maka tujuan lain adalah untuk bisa secara luas memasang aplikasi dari sumber manapun. Baik aplikasi tersebut berasal dari pasar resmi atau pasar tidak resmi.

Karena sebelum smartphone mengalami proses rooting hal tersebut tidak bisa dilakukan. Selain itu juga bisa dengan bebas memodifikasi tema di android dan juga menghapus aplikasi bawaan tetapi juga mempunyai resiko dan kerugian. Oleh karena itu, inilah resiko dan kerugian root Android yang harus anda ketahui sebelum melakukan rooting.
Berbagai Resiko dan Kerugian Root HP Android

Inilah Resiko dan Kerugian Root Android yang harus anda ketahui

Namun pengguna telah mengembangkan metode rooting, yang bervariasi tergantung perangkat. Mereka tersedia di web, dan semakin banyak pengguna Android beralih ke mereka karena fitur canggih yang mereka berikan.

Seperti penyesuaian penuh untuk hampir setiap unduhan grafis dari aplikasi apa pun yang mereka gunakan pada perluasan masa pakai baterai dan menambahkan pembaruan kinerja ke versi Android terbaru jika perangkat Anda sudah usang dan tidak lagi diperbarui oleh produsennya. Tapi jika Anda salah melakukannya, maka bisa membuat resiko dan kerugian pada ponsel android anda.

Dapat menghilangkan garansi dari vendor

Dampak negatif yang akan kita dapatkan saat melakukan root pada smartphone adalah garansi yang diberikan oleh vendor atau distributor tidak akan berlaku. Karena sebenarnya root di ponsel android, merupakan tindakan yang bisa dikatakan ilegal.

Jadi jika ada kerusakan pada sistem setelah smartphone kita diroot, maka vendor tidak akan mengabulkan permintaan klaim garansi kita. Karena biasanya vendor smartphone memberikan ketentuan, jika pengguna sengaja merusak teleponnya, maka garansi tersebut dianggap hangus.

Simak juga: 6 Hal Terlarang pada Smartphone Android

Dapat Menyebabkan kerusakan system

Melakukan root di android sebenarnya beresiko, hanya kalau smartphone android diroot akan banyak kendala yang akan kita temukan. Ini dikarenakan, ketika kita melakukan kesalahan saat melakukan root, bisa menyebabkan kerusakan pada sistem androidnya. Dampak negatif yang biasa terjadi setelah root smartphone ini adalah smartphone akan mengalami softbrick dan boot loop. Bila kerusakan sistem cukup parah, maka smartphone kita bisa mati total.

Rentan terhadap serangan virus

Smartphone Android yang telah diroot juga sangat rentan terhadap serangan virus, karena sistem keamanan telah dibuka. Yang paling berbahaya adalah saat kita menginstal custom ROM, bisa saja sudah disematkan virus ROM. Kemudian ponsel kita bisa dengan mudah terkena virus, dan bisa merusak sistem android.

Ponsel menjadi lemah

Di sebagian besar ponsel android yang telah diroot, banyak ditemukan beberapa masalah, yakni berkurangnya performa smartphone-nya karena harus dipaksa bekerja lebih keras dan melakukan sesuatu di luar kemampuan ponsel itu sendiri. Ini akan berakibat pada umur smartphone menjadi pendek dan smartphone menjadi sangat panas saat digunakan. Itulah beberapa dampak negatif dan kerugian dari root android yang harus Anda perhatikan. Jadi kita tidak menyesal lebih baik kita belajar dulu kerugian yang bisa didapat dari rooting ini.

Update

Selain performa, garansi dan resiko lainnya yang disebutkan di atas proses rooting juga akan menghapus Over The Air (OTA) update saat ada pembaharuan sistem operasi di android. Dan jika ingin mengupdate sistem operasi Anda harus melakukannya secara manual. Entah dengan mendownload update secara manual atau melakukan rooting dengan sistem operasi yang telah diupdate.

Itu beberapa kemungkinan risiko dan bisa terjadi pada smartphone android Anda jika ingin melakukan rooting. Oleh karena itu untuk melakukan root lebih baik pikirkan dahulu resiko yang mungkin terjadi. Jangan  berlebihan dalam membuat performa smartphone  menjadi mudah panas atau hang yang mengarah ke kesalahan.

Saran Untuk Keamanan

Jika masih ingin melakukan proses merooting, pastikan Anda harus meneliti bagaimana dan cara melakukan roorting android dengan baik, karena cara rooting Andoid biasanya bervariasi tergantung dari tipe smartphone dan brand. Lebih baik meminta saran ahli di forum khusus, atau lebih baik lagi, mintalah orang yang mengerti untuk jenis root dan merek android.

Semua ini untuk memastikan, Anda tidak mengubahnya menjadi perangkat yang rusak. Instal perlindungan antivirus yang tepat untuk ponsel Android Anda. Bahkan sebelum melakukan rooting perangkat, untuk menangkis infeksi virus malware. Banyak Antivirus yang menawarkan perlindungan antivirus mobile, untuk berbagai sistem operasi mobile. Termasuk perlindungan antivirus untuk perangkat Android.

Gambar: www.techverse.net