Type something and hit enter

Cara Mengatasi Jaringan 4G Smartphone Hilang Tiba-tiba - Seringnya menghadapi permasalahan hilangnya sinyal pada smartphone android, bisa saja membuat Anda jengkel dan marah. Ini terkadang terjadi tanpa sebab yang jelas. Hilangnya sinyal ini juga bertambah mengesalkan ketika jaringan yang internet juga mengikuti jejak sinyal ini, menghilang tiba-tiba.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan hilangnya sinyal 4G yang tiba-tiba. Antara lain, kondisi cuacanya yang tiba-tiba berubah, kondisi wilayah yang memiliki sinyal yang tidak stabil, seringnya menggonta-ganti nomor perdana, bisa juga karena saat itu banyak yang menggunakan jaringan 4G dari kartu yang sama.
Mengatasi Sinyal 4G Hilang Tiba-tiba

Solusi jaringan 4G smartphone sering hilang tiba-tiba 

Karena seringnya kondisi hilang sinyal ini, ada perlunya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi sinyal 4G yang hilang tiba-tiba ini dengan cara menjaga kestabilanya. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinyal 4G yang hilang ini.

1. Mengaktifkan Mode Pesawat

Untuk mengatasi signal 4G hilang tiba-tiba, yang harus Anda lakukan pertama adalah mengaktifkan mode pesawat pada smartphone Anda. Tunggu beberapa saat sebelum Anda menonaktifkannya kembalu. Hal ini dilakukan agar ponsel pintar Anda mereset jaringan yang ada. Ini biasa dilakukan agar sinyal yang tiba-tiba hilang tadi bisa kembali.

2. Cek kartu SIM

Ketika sinyal 4G tiba-tiba hilang, Anda bisa melakukan pengecekan pada kartu SIM. Bisa saja ada perubahan posisi yang terjadi akibat keseringannya Anda gonta-ganti kartu SIM. Namun, sebelum Anda melepas kartu SIM Anda, ada baiknya untuk menonaktifkan smartphone terlebih dahulu.

3. Mengganti mode jaringan

Terkadang terjadi kegoyangan sinyal yang tidak diketahui sebabnya. Sinyal bisa timbul tenggelam dalam beberapa saat. Sebaiknya pada keadaan ini, ada baiknya Anda mengganti mode jaringan agar dapat diterima oleh semua mode jaringan seperti 4G/LTE, 3G/H+, 2G, CDMA. Jadi ketika sinyal 4G hilang, masih bisa tercover oleh mode jaringan lain.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet di Android

4. Menggeser kedudukan

Biasanya, untuk daerah-daerah terntun terdapat kondisi di mana sinyal 4G  begitu lemah atau tidak terjangkau. Padahal Anda masih dalam 1 lokasi. Namun ketika Anda berpindah tempat tidak jauh dari tempat Anda kehilangan sinyal, bisa saja tempat Anda bergeser tadi akan mendapatkan sinyal.

5. Ganti kartu 

Bisa saja hilangnya sinyal bukan dari kesalahan hp Anda ataupun kondisi cuaca, namun karena operator kartu Anda sedang bermasalah. Cobalah mengganti kartu Anda dengan kartu SIM dari operator yang berbeda. Siapa tahu masalah hilangnya sinyal ini bisa teratasi dan menggunakan kartu berbeda lebih lancar

6. Reset Pabrik

Setelah 5 tips di atas tidak berfungsi, ada kemungkinan smartphone Anda lagi terkena virus. Virus ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yang parah biasanya akibat dari penggunaan aplikasi dari pihak ketiga. Virus ini bisa berdampak besar pada gangguan penggunaan ponsel Anda. Segera lakukan reset pabrik agar smartphone Anda kembali seperti Anda membeli baru.

7. Ganti Hardware yang rusak

Jika reset pabrik pun masih belum dapat mengatasi sinyal 4G yang hilang, coba periksa hardware smartphone Anda, bisa saja ada permsalahan yang terjadi. Segera bawa smartphone Anda ke service untuk mengganti hardware agar dapat megatasi permasalahan yang terjadi.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi sinyal 4G hilang tiba-tiba. Anda bisa menerapkan hal tersebut jika saja sewaktu-waktu terjadi masalah. Namun jika saja hal tersebut masih belum teratasi sedangkan sinyal di handphone orang sekitar Anda baik-baik saja, ada baiknya Anda segera mengganti smartphone Anda dengan yang baru.

Gambar: www.droid-life.com