Type something and hit enter

Cara Menghemat Kuota (Paket Data) Internet di Android - Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini. Bahkan, ada pula yang menyebutkan bahwa mood-nya akan kacau bila ponsel dalam genggaman tidak terhubung pada internet meskipun hanya satu hari saja. Namun faktanya, pemakaian kuota data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan. Semakin cepat koneksinya, semakin mahal pula harganya. Hal ini tentunya dapat membuat pengeluaran Anda menjadi sedikit membengkak karena masalah pulsa dan kuota internet.

Bahkan dalam kondisi jaringan yang sangat amat lambat dan lelet pun terkadang kuota internet seringkali cepat tersedot. Padahal hanya digunakan browsing sedikit, mengaktifkan beberapa aplikasi seperti BBM, WhastApp, Facebook, Messenger, Instagram, Email dan Twitter. Untuk itu, silakan simak beberapa cara menghemat kuota internet di android berikut ini, karena Anda tidak bisa memaksa para pengusaha provider untuk menurunkan harga paket datanya.
7 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet di Android

Cara mudah menghemat paket data kuota internet pada smartphone Android

Jika ternyata kuota di hp Android Anda sering cepat habis, maka jalan satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah sedikit mengutak atik ponsel untuk mengurangi pemakaian data, sehingga bisa lebih berhemat. Berikut beberapa tipsnya.

Gunakan Fitur Chrome Data Saver untuk Browsing

Apabila Anda adalah seorang pengguna Chrome browser, maka Anda bisa menghemat kuota internet di android dengan mengaktifkan fitur data saver. Cara yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur ini yakni memilih menu settings > data saver > ON. Dengan adanya fitur ini, maka Anda bisa menghemat kuota internet di android hingga 50%.

Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Salah satu cara menghemat kuota internet di android adalah dengan cara menonaktifkan akun yang memiliki opsi sinkronisasi dan tidak Anda gunakan secara berkala. Untuk memulainya, Anda bisa masuk ke menu settings > accounts > pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronisasikan. Hal ini tentu menjadi salah satu cara menghemat kuota internet di android Anda karena aplikasi tersebut tidak akan secara otomatis tersambung pada internet.

Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Anda tentunya sudah taka sing lagi dengan fitur data usage warning dan limit system yang berada di dalam setiap ponsel android. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk memberikan peringatan khusus saat pemakaian data internet Anda sudah melewati batas. Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa masuk ke menu settings > data usage > cellular data > set cellular data limit, kemudian tap untuk mengaktifkannya.

Baca juga: 6 Tips Smartphone Android Tetap Aman

Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Jika Anda merasa bahwa ini saat yang tepat untuk menghemat kuota internet di android milik Anda, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah menghentikan penggunaan data pada background. Untuk memotong penggunaannya, maka Anda bisa masuk menu settings > data usage > tap tiga garis vertical kanan atas > restrict background data > OK. Langkah ini merupakan cara yang tepat untuk memotong aplikasi yang menggunakan data saat aplikasi tersebut berjalan atau running  pada background sehingga dapat dikatakan bisa menghemat kuota internet di android Anda.

Identifikasi Aplikasi yang Menyedot Kuota Internet

Saat ini, banyak sekali aplikasi yang sengaja diciptakan untuk memudahkan koneksi kita pada internet. Namun, hal ini tentu saja membuat kuota internet menjadi boros. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menyedot penggunaan kuota internet di android, Anda bisa kunjungi menu settings > data usage, kemudian scroll ke bawah hingga Anda menemukan daftar aplikasi yang menyerap banyak data Anda. Salah satu solusi tercepat adalah dengan meng-uninstall aplikasi tersebut, kemudian menggantinya dengan aplikasi lai yang lebih menghemat kuota internet di android Anda.

Batasi Penggunaan Data Pada Tiap Aplikasi

Opsi android data usage, bukanlah satu-satunya cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat kuota internet Anda pada sebuah aplikasi. Faktanya, beberapa aplikasi memiliki opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Anda dapat mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi tersebut, misalnya Google Photos. Anda bisa masuk ke menu settings > back up & sync untuk melihat opsi penghematan data sehingga Anda pun dapat menghemat kuota internet di android dengan cara singkat.

Batasi Update Aplikasi Hanya Ketika Terhubung dengan WiFi

Jika Anda pengguna aplikasi terbitan Google Play Store, maka dapat dipastikan bahwa ponsel Anda akan melakukan update otomatis aplikasi yang ter-install di dalamnya. Update yang ditawarkan aplikasi biasanya cukup menyedot kuota, hal ini tentu saja dapat membuat kuota internet Anda ludes seketika. Untuk menangani hal tersebut, Anda dapat mengaktifkan opsi WiFi Only. Opsi ini memungkinkan aplikasi pada ponsel Anda untuk melakukan update aplikasi hanya ketika tersambung pada WiFi. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa masuk ke Play Store, kemudian pilih menu settings > auto update apps > auto update apps over WiFi only.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat kuota internet di android, sehingga pengeluaran Anda tidak membengkak karena harus menghabiskan uang hanya untuk pulsa dan kuota internet. Selamat mencoba!