Type something and hit enter

Mengatasi Aplikasi Play Store Crash atau Error di Android - Aplikasi bawan yang popler di kalanggan pengguna  android adalah aplikasi Play Store. Aplikasi ini sering bahkan selalu kita gunakan untuk mendownload game serta beberapa aplikasi lainnya.

Di aplikasi Play Store sudah tersedia berbagai jenis game dan aplikasi lainya yang bisa kita download secara gratis. Tapi bagaimana jika aplikasi Play Store yang ada di smartphone kita crash? Untuk itu mari kita lihat cara mudah mengatasi aplikasi play store yang crash.

Aplikasi bawaan dari Android yang satu ini sangat canggih, dimana aplikasi ini selalu memberikan informasi jika ada update versi terbaru dari game atau aplikasi yang kita miliki. Namun pasti suatu saat nanti akan mengalami namanya kesalahan. Hal yang tidak menyenangkan biasanya berupa crash, tidak dapat terbuka, menutupi atau bahkan tidak merespons.
Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Play Store Yang Crash

Mengatasi Aplikasi Play Store Crash atau Error di Android

Jika Smartphone Anda mengalami hal seperti ini, maka Anda pasti harus memperbaikinya. Tapi tidak semua orang bisa memperbaiki Aplikasi Play Store, untuk itu kita disini akan memberikan tips bagaimana cara mudah mengatasi aplikasi Play Store yang crash berikut ini:

Restart  Smartphone Android Anda

Melakukan restart smartphone juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi beberapa masalah kecil. Jadi silahkan coba melakukan Restart pada smartphone  Anda saat  aplikasi Play Store hang atau terganggu.

Tutup Play Store Paksa

Salah satu hal termudah yang harus dilakukan untuk memperbaiki  apliksi Play Store adalah dengan mematikan aplikasi Play Store secara paksa.

Cara masuk ke menu Setelan > Atur Aplikasi > Pilih Tab Berjalan > Kemudian Temukan Layanan Google Play Store > Kemudian klik Stop.

Simak juga: Cara Block Iklan yang Muncul di Android Tanpa Root

Hapus Data Google Play Store

Solusi selanjutnya untuk mengatasi aplikasi Play Store yang crash adalah adanya kesalahan pada android yaitu untuk menghapus data yang tersimpan dalam aplikasi ini. Namun perlu diingat, menghapus data tidak berarti menghapus keseluruhan atau uninstall, namun menghapus data yang tersimpan.

Cara menghapus cache atau memori di Play Store. Caranya  mengeklik Setelan > Aplikasi > Kelola Aplikasi > Pilih Google Play Store > Klik Hapus Data.

 Hapus Cache Google Play Store

Pada dasarnya sebuah aplikasi di smartphone android biasanya menyimpan data sementara di telepon atau lebih dikenal dengan istilah cache. Ini bertujuan untuk mempercepat kinerja saat memuat ulang data yang sama. Tapi data Cache yang lebih banyak, ini akan memperlambat kinerja aplikasi, untuk mengatasinya menghapus cache aplikasi Play Store Anda.

Caranya masuk ke menu pengaturan > Applikasi > Atur Aplikasi > Pilih semua >  temukan  layanan Google Play Store> Kemudian hapus Memory.

Hapus Cache dan Data Google Play Services

Di smartphone Android  pasti ada aplikasi mobile bawaan dimana aplikasi ini sangat terkait dengan aplikasi Play Store, yaitu Aplikasi Google Play Services. Aplikasi ini berguna untuk sinkronisasi, dan memberi tahu mengenai Play Store. Untuk itu jika Anda telah menghapus cache dan data di aplikasi Play Store, namun tetap error, lakukan hal yang sama di aplikasi Google Play Services.

Simak juga: 7 Aplikasi Cek Speed Internet Terbaik di Android

Uninstall Google Play Store yang telah diupdate

Memperbarui aplikasi mungkin belum tentu membuat kinerja aplikasi menjadi lebih baik, karena terkadang versi update tidak sesuai dengan perangkat mobile yang Anda gunakan. Untuk itu Anda harus memperhatikan hal ini untuk menghindari kesalahan pada aplikasi android.

Jika Anda sudah memperbarui dan  terjadi masalah, uninstall  Aplikasi Google Play Store di smartphone Anda dan ini akan mengembalikannya ke versi sebelumnya yang kompatibel dengan perangkat smartphone Anda.

 Setel ulang Akun Google di Smartphone Android

Jika semua langkah di atas tetap tidak membantu Anda dalam mengatasi masalah di aplikasi Play Store. Lakukan setel ulang pada akun Google di smartphone Anda. Biasanya akun Google tidak hanya terkait dengan aplikasi Play Store saja, namun masih ada aplikasi lain yang selalu sinkron dengan akun ini.

Untuk itu lakukan reset atau refresh akun dengan cara menghapus akun Google anda di smartphonel, lalu tambahkan kembali dengan data yang sama. Pengaturan ini dapat ditemukan di menu Settings dan kemudian pilih Account.