Type something and hit enter

Cara mengatasi hp/smartphone Android ngelag - Operasi System yang sedang booming saat ini sangat menggoda dengan berbagai fitur yang sangat lengkap untuk memanjakan penggunanya. Siapa sangka, dibalik keunggulan Android ini, sistem operasi android juga bisa mengalami lambat atau lag, situasi dimana smartphone mengalami keterlambatan dalam menjalankan perintah. Untuk mengatasi masalah tersebut kami akan memberikan tutorial cara ampuh mengatasi lag di android sebagai berikut.
6 Cara Ampuh Mengatasi Lag di Android

Berbagai Cara Mengatasi Lag di Smartphone Android

Setelah  membeli smartphone android baru, Anda mulai merasa bahwa android itu menjadi sangat lambat atau lag. Bila smartphone baru, itu sangat cepat. Tapi sekarang mulai merasakan lag, mulai melihat aplikasi dimuat dengan lambat. Apa solusinya?

Kami memberi tahu cara Ampuh mengatasi Lag di Android dengan cepat, hampir secepat saat Anda membelinya.

Update ROM atau CusROM

Setiap smartphone pasti telah memasang sistem yang disebut ROM, sekarang setiap ROM pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengatasinya, coba pasang CusROM  pada android anda. CusROM adalah ROM asli yang telah diperbaiki, biasanya dibuat oleh pihak ketiga (bukan dari pabrikan). CusROM biasanya terasa lebih nyaman dan ringan.

Uninstal Aplikasi yang tidak terlalu penting

Cara lain untuk mengatasi lag adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak penting. Sehingga memori internal dan RAM di android lebih lega. Sehingga akan terasa lebih nyaman saat digunakan.

Baca juga: 5 Cara Agar Smartphone Selalu Terlihat Baru

Upgrade System Android

Lalu, coba upgrade sistem android. Meski prosesnya lama, tidak masalah kalau ini memang bisa mengatasi lag yang dialami oleh android anda.

Lakukan Tweak

Dengan cara ampuh mengatasi lag di android ini salah satu cara ampuh yang cukup berbahaya. Ketika men-tweak smartphone Android, maka biasanya akan terjadi bootloop. Jadi hati-hati saat akan men-tweak, jangan salah.

Tweak disini berarti mengedit sistem anda sendiri / daleman android untuk meningkatkan performa android. Mulai dari jaringan, cpu, ram, baterai dan banyak lagi, tapi iya itu banyak resiko.

Anda bisa men-tweak ini secara manual atau langsung menggunakan aplikasi. Sebaiknya gunakan saja aplikasi agar lebih aman. Coba gunakan "L Speed" untuk melakukan tweak ini karena menurut saya aplikasi ini adalah yang paling cocok dan bagus untuk di tweak di sobat android anda.

Reboot

Di bagian IT, mudah untuk mendengar "sudahkah Anda mencoba mematikannya lagi?". Alasannya adalah bahwa ini sering bekerja. Jadi jika Anda belum mematikan telepon Anda selama berbulan-bulan dan jika Anda mendapati hal itu menjadi lambat atau lag, matikan selama beberapa menit dan kemudian hidupkan kembali. Menghidupkan telepon akan membersihkan RAM dan mematikan aplikasi yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang.

 Factory Reset

Lakukan reset pabrik: Sekali lagi, Anda harus menggunakan ini sebagai pilihan terakhir. Melakukan reset pabrik berarti menghapus semua yang telah Anda lakukan di telepon sejak Anda membelinya dan menggunakannya ke perangkat lunak aslinya. Ini membersihkan semua data di telepon dan memberi Anda perangkat yang akan terasa menyegarkan bahkan jika tubuhnya mengandung bekas pakai berlebihan.

Sementara factory reset adalah solusi yang cukup bagus untuk sebuah ponsel yang telah menjadi sangat lambat, ini juga berarti Anda harus menginstal semua aplikasi Anda lagi dan mengatur keseluruhan telepon lagi. Anda dapat mereset telepon dengan menavigasi ke Settings > Backup And Reset.

Lalu, apa yang menyebabkan android bisa mengalami lag?

Penyebab Android mengalami  Lag
Ada banyak faktor yang bisa menjadikan android menjadi lag, diantaranya:

  • RAM terlalu kecil atau kurang memadai. Sama seperti laptop / komputer, android juga membutuhkan RAM yang cukup, sehingga dalam menjalankan perintah / aplikasi bisa berjalan lancar tanpa lag. Semakin besar RAM yang ada di android, akan jadi besar pula free RAMnya yang pastinya bisa menjalankan program tanpa lag.
  • Telalu banyak aplikasi yang di install, yang paling banyak mengalamai biasanya adalah wanita. Semakin banyak aplikasi yang terpasang, semakin sempit memori yang bisa digunakan.
  • Versi Android sudah tua.Sistem teknologi yang lebih maju di android juga semakin berkembang, dan baru keluar Android Nougat tentu lebih baik dari versi sebelumnya. Jadi, versi android terlalu lama juga bisa mempengaruhi lag di android.
  • ROM (Read Only Memory) kurang stabil. Setiap smartphone harus memiliki ROM yang berbeda. Biasanya saat keluarnya awal produk ROM-nya di smartphone agak kurang stabil, namun pastinya pasti akan tetap dan diperbaharui.