Type something and hit enter

Cara mengatasi baterai hp tidak bisa mengisi atau di charge - Kebanyakan orang pasti merasakan masalah pada ponsel android-nya. Beberapa masalah umum yang sering terjadi adalah saat error pada HP android tidak mau dicharge. Eror mengecas di HP android juga bisa karena software yang memakan baterai atau hardware yang tidak standar HP android.

Tetapi tidak usah khawatir kita akan membahas satu per satu dan mendiagnosis masalahnya beserta cara ampuh memperbaiki baterai HP tidak bisa dicharge.
Cara Ampuh Memperbaiki Baterai HP tidak Bisa Dicharge

Cara mengatasi baterai HP tidak bisa dicharge atau tidak mengisi

Kalau smartphone atau ponsel Anda mulai memberikan tanda-tanda buruk, misalnya sering tidak bisa dicharge atau diisi ulang baterainya, berarti sudah ada yang salah dengan hp tersebut.

Tetapi masalah hp tidak bisa mengisi ini dapat diatas dengan mudah. Berikut cara mengatasi smartphone yang tidak bisa mengisi atau di charge.

Perbaiki USB Port Pada HP

Dengan melakukan perbaikan pada port USB yang ada di handphone, biasanya bisa mengatasi HP yang tidak bisa dicharge. Kerusakan yang sering terjadi dengan port USB biasanya ditemukan pada permukaan logam di dalam port USB dan charger mikro USB bermasalah saat melakukan kontak.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  • Pertama, siapkan barang kecil seperti jarum suntik atau tusuk gigi.
  • Matikan HP dan cabut baterai.
  • Gunakan tusuk gigi / jarum untuk memperbaiki port USB di HP dengan mengangkat tab kecil di dalamnya. Lakukan dengan hati-hati.
  • Sekarang pasang baterai dan nyalakan HP.

Jika HP masih belum bisa dicharge, coba cara berikut di bawah ini.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Mengatasi Lag di Android

Update atau Rollback

Sebagian besar HP android  bermasalah termasuk hp tidak bisa dicharge ini bisa diperbaiki dengan mengupdate software. Jika versi HP android Anda sekarang KitKat, coba upgrade ke lolipop (jika ada update).

Tapi kalau di upgrade tapi masalah yang terjadi malah lebih parah lagi, coba Rollback. Apa itu? Rollback (downgrade) mengembalikan versi OS Android ke versi default pabrik. Downgrade terkadang juga bisa menambah daya tahan baterai lebih lama.

Lakukan Kalibrasi Baterai

Sederhananya, kalibrasi baterai adalah mengoreksi informasi statistik baterai yang error. Sistem android memiliki kemampuan untuk mengukur kapasitas baterai, dan mengukur persentase baterai saat ini. Jika fitur alias error menampilkan persentase baterai yang salah, maka sekarang saatnya kita mengkalibrasi baterai android. Sebelum melakukan kalibrasi, sebaiknya cek kondisi baterai android. Jika kebocoran baterai, retak atau bit, kalibrasi apapun tidak akan menyelesaikan masalah.

Tapi, jika baterai masih dalam kondisi normal, ayo ikuti langkah kalibrasi baterai di bawah ini.

Terkait: Cara Merawat Smartphone Non-Removable Batteray

Kalibrasi Baterai HP Android (Tanpa Root)

  • Dalam keadaan menyala, charge hp sampai baterai 100% penuh.
  • Kemudian matikan HP
  • charge lagi HP Anda dalam keadaan mati hingga 100% penuh. Jika HP Anda memiliki indikator LED, maka jika baterai sudah penuh, lampu LED akan berwarna hijau.
  • Jika sudah penuh, nyalakan ponsel android lagi. Kemudian isi ulang sampai penuh 100%.
  • Sekarang habiskan sampai 0% daya baterai atau sampai HP android mati sendiri. Anda bisa menghabiskannya dengan bermain game berat, streaming, atau browsing internet.
  • Jika sudah mati karena baterai habis, sekarang isi ulang lagi (dalam keadaan mati) hingga benar-benar 100% penuh. Jangan digunakan jika belum penuh.
  • Jika sudah penuh 100%, sekarang lepaskan charger dan nyalakan ponsel android.

Selamat! Baterai HP android Anda telah berhasil dikalibrasi.

Peringatan! Jangan terlalu sering melakukan kalibrasi baterai, karena proses di atas bisa mempersingkat masa pakai baterai (terutama pada langkah menguras daya baterai hingga 0%). Lakukan setiap 3 bulan atau jika benar-benar dibutuhkan.

Cara Baterai Kalibrasi Android (Root)
Cara ampuh memperbaiki baterai HP tidak bisa dicharge dengan root adalah yang paling mudah dilakukan dan tidak seribet cara pertama.

Tapi HP android Anda pasti sudah diroot. Jika tidak, root HP anda sekarang. Cara ini cukup mudah karena menggunakan aplikasi untuk melakukan kalibrasi baterai. Nama aplikasi tersebut adalah Battery Calibration bisa di unduh pada Google Play . Aplikasi ini sangat ringan dan tidak membuat HP android menjadi lambat. Aplikasi ini juga memiliki banyak ulasan positif di Google Play.

Jika sudah mendownload aplikasi Battery Calibration. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi:

  • Sebelum membuka aplikasi, pastikan baterai Anda sudah terisi hingga penuh 100%.
  • Sekarang buka aplikasi Battery Calibration, lalu klik "Battery Calibration".
  • Cabut charger, dan gunakan HP android dengan nomal sampai baterai habis.
  • Lalu isi baterai lagi HP android sampai penuh 100%. Saat mengisi baterai, jangan diutak tweaker, tinggalkan baterai sampai benar-benar penuh.
  • sekarang baterai android hp anda sudah berhasil dikalibrasi.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, Anda akan berhasil mengkalibrasi baterai dan HP android seharusnya bisa dicharge dengan normal.