Type something and hit enter

Cara Membedakan Xiaomi Asli (original) atau Bajakan (KW) - Sebagai smartphone yang lagi laris dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, Xiaomi memang patut diperhitungkan ketenarannya. Dengan mengusung smartphone dengan spesifikasi tinggi dengan harga rendah, menambah banyak deretan konsumen yang beralih padanya.

Namun ketenaran ini juga mengundang produsen nakal untuk membuat replikanya. Anda harus pintar untuk mencari cara cek hp Xiaomi asli atau bajakan. Adapun cara berikut ini dapat Anda ikuti untuk semua hp Xiaomi, seperti Xiaomi Mi4 Mi5 Mi6, Xiaomi Redmi Note 2 3 4 5, Xiaomi Mi Mix, Mi Note 2 3 4 5, Xiaomi Mi A1 dan lain sebagainya.
Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu

Membedakan hp Xiaomi asli atau palsu

Bagi Anda yang mengkhawatirkan hp Xiaomi Anda asli atau bajakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya, yaitu sebagai berikut.

1. Cek IMEI

Masuklah ke website resmi Xiaomi, kemudian Anda login dengan menggunakan ID Xiaomi. Di layar akan muncul deretan nomor IMEI yang harus Anda cocokan dengan IMEI yang terdapat pada dus Xiaomi. Jika sama, maka smartphone Anda asli.

2. Cek spesifikasi hp Xiaomi

Coba cari tahu terlebih dahulu spesifikasi asli dari hp Xiaomi yang Anda incar. Pelajari secara detail, kemudian bandingkan dengan spesifikasi hp yang akan Anda beli atau sudah Anda miliki, apakah sama atau tidak. Jika spesifikasinya lebih rendah, dipastikan hp Xiaomi Anda palsu.

3. Cek baterai

Cara cek hp Xiaomi asli atau bajakan bisa juga melalui baterai yang dimiliki. Ciri khas baterai milik Xiaomi yaitu warna orange yang khusus. Jika Anda mendapati tingkat warna baterai Xiaomi milik Anda memiliki tingkat warna yang berbeda, kemungkinan hp Anda palsu.

4. Cek resolusi layar

Kejernihan dan ketajaman layar yang dimiliki hp Xiaomi sudah tidak diragukan lagi. Sesuai dengan spesifikasi bawaannya, layar hp Xiaomi memiliki kualitas yang bagus. Berbeda dengan hp Xiaomi bajakannya yang terlihat buram dan redup

5. Cek dengan MI recovery

Cara cek hp Xiaomi asli atau bajakan dengan menggunakan MI recovery sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke MI recovery dan menunggu proses loading. Akan muncul pilihan bahasa Inggris atau Chinese. Jika pilihan ini yang muncul, maka hp Xioami Anda asli. Biasanya kalau palsu akan langsung menuju menu MI recovery

6. Reset hp Xiaomi

Lakukan reset pabrik pada smartphone Anda. Cara cek hp Xiaomi asli atau bajakan dengan langkah ini, akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphone Anda. Tentu saja Anda harus melakukan back up data terlebih dahulu agar file penting Anda tidak hilang.

Langkah melakukan reset pabrik ini bertujuan untuk menghapus semua software yang terinstal, termasuk software yang dapat menutupi kepalsuan dari perangkat Xiaomi. Setelah itu, perhatikan dengan teliti, software hasil reset tadi apakah sama dengan reset bawaan dari hp Xiaomi yang asli.

7. Cek hasil foto

Dari awal, Xiaomi memang sudah menawarkan hasil kamera yang jernih dan juga tajam. Jadi, ketika Anda mendapati hasil jepretan Anda memiliki warna yang pudar dan buram serta tidak enak dipandang, maka hp Xiaomi Anda pastilah palsu.

8. Cek garansi resmi

Tanyakanlah pada penjual hp Xiaomi, berapa lama garansi yang diberikan untuk smartphone tersebut dan jenis keresmian garansi yang dimiliki. Jika waktu dari garansi kurang dari 1 tahun dan bukan garansi resmi, mungkin saja hp Xiaomi tersebut palsu.

baca juga: 9 Cara Cek hp Samsung Asli atau Bajakan

Demikian langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui cara cek hp Xiaomi asli atau bajakan. Tentunya, memiliki suatu produk yang asli akan memiliki kepuasan dan kebanggan tersendiri bagi Anda. Mengetahui barang yang Anda miliki merupakan produk asli juga akan menghindarkan Anda dari rasa was-was, atas penggunaan hp yang gampang rusak. Selain karena hp Xiaomi asli, hardware dan software-nya lebih mumpuni, ada backing garansi yang bisa Anda klaim jika saja hal yang tidak diinginkan terjadi.