Type something and hit enter

Android One Xiaomi Mi A1
Belakangan ini Xiaomi tengah mempersiapkan smartphone Android One,  yang merupakan pucuk kerjasamanya dengan Google. Hingga pada Selasa kemarin (5/9/2017), vendor asal China tersebut dalam sebuah acara yang digelar di India, mengumumkan satu produk smartphone Android One pertamanya, yang diberi nama Xiaomi Mi A1.

Android One merupakan inisiatif Google yang bekerjasama dengan vendor lain dalam menghadirkan smartphone murah dan berkualitas untuk penduduk yang berada di negara berkembang.

Simak juga: 5 Vendor Smartphone dengan Penjualan Tertinggi

Kembali lagi ke Xiaomi Mi A1, salah satu fitur andalan dari smartphone Android One ini adalah memiliki kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi lensa telephoto beresolusi 12 Megapixel dan lensa wide-angle beresolusi 12 Megapixel dengan kemampuan 2x optical zoom dan 10x digital zoom serta didukung fitur stereoscopic imaging dan algoritma berbasis deep learning.

Kombinasi kamera ganda tersebut mampu menciptakan efek bokeh lebih dalam seperti layaknya hasil jepretan kamera DSLR, bahkan kamera ganda Xiaomi Mi A1 diklaim memiliki konfigurasi yang mirip dengan kamera iPhone 7 Plus. Sementara untuk keperluan selfie, Xiaomi Mi A1 dibekali kamera depan beresolusi 5 Megapixel.

Untuk desainya, body Xiaomi Mi A1 terbuat dari bahan full metal dengan sisi bagian belakang melengkung, sehingga tak cuma kokoh tapi juga nyaman digenggam. Untuk layarnya, smartphone ini mengusung layar IPS seluas 5,5 inchi beresolusi Full-HD (1080p) dan dilapisi dengan pelindung Corning Gorilla Glass.

Dan untuk mendukung kinerjanya, Xiaomi Mi A1 dibekali dengan hardware yang cukup lumayan, antara lain processor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core berkecepatan 2 GHz, RAM 4 GB, memori internal 64 GB + slot microSD dan baterai berkapasitas 3080 mAh dengan didukung fitur fast charging. Tak ketinggalan juga dan sensor fingerprint pada bagian belakang dan port USB Type-C turut dihadirkan di smartphone ini.

Menariknya, karena termasuk kedalam jajaran smartphone Android One, maka Xiaomi Mi A1 menggunakan sistem operasi Android murni dan tidak menggunakan MIUI yang merupakan custom ROM khas smartphone Xiaomi. Selain itu, Google juga menjamin Xiaomi Mi A1 akan mendapatkan dukungan pembaruan Android versi terbaru.

Xiaomi Mi A1 akan mulai dijual di India pada 12 September mendatang dengan harga 14999 Rupee atau sekitar Rp.3,1 jutaan dan kabarnya juga akan hadir di negara-negara lain termasuk dipastikan pula juga akan hadir di Indonesia.

Gambar: androidpolice.com