Type something and hit enter

5 Tips Membeli HP iPhone Second atau Bekas
Walaupun smartphone dengan sistem operasi Android adalah smartphone yang paling populer di dunia saat ini, tapi smartphone dengan sistem operasi iOS, yakni iPhone masih mempunyai tempat dihati para pengguna smartphone dunia.

Apalagi, menurut kabar dan berita terbaru, peminat dan pengguna iPhone di Indonesia semakin bertambah. Hal ini tidak dapat dipisahkan dengan desain smartphone iPhone yang terlihat lebih elegan dibandingkan beberapa smartphone Android.

Selain itu, iPhone juga seperti sudah memiliki “derajat” nya tersendiri yang membuat banyak pengguna smartphone yang lebih memilih iPhone dibandingkan Android dengan alasan lebih keren.

Namun, banyak peminat smartphone iPhone yang mengurungkan niatnya untuk membeli iPhone dikarenakan masalah harga yang dipatok oleh produsen iPhone, Apple dinilai terlalu tinggi dan relatif diatas rata-rata.

5 Tips Membeli Smartphone iPhone Bekas

Membeli iPhone bekas atau second menjadi pilihan yang tepat untuk para peminat iPhone yang tidak mampu membeli iPhone baru. Tetapi, dalam membeli iPhone bekas diperlukan beberapa pengetahuan dan wawasan agar iPhone bekas yang Anda beli sesuai dengan harapan dan tidak mengecewakan.
Berikut ini 5 tips membeli smartphone iPhone bekas.

1. Rekomendasi Tipe iPhone

Yang pertama, sebelum memilih tipe iPhone lebih jauh lagi, sebaiknya Anda mencari rekomendasi tipe iPhone sesuai dengan selera dan keingingan Anda. Anda bisa menanyakan kepada teman Anda yang lebih tahu masalah smartphone iPhone, atau Anda juga bisa langsung menanyakan kepada outlet-outlet penjual smartphone tentang rekomendasi tipe iPhone.

Ada beberapa tipe iPhone yang direkomendasikan biasanya, seperti iPhone 5s dan iPhone 6. Walaupun kedua smartphone tersebut sudah dirilis cukup lama, namun spesifikasi yang ditawarkan masih belum kalah dengan iPhone-iPhone yang dirilis baru-baru ini. Jadi, silahkan pertimbangkan terlebih dahulu tipe iPhone apa yang ingin Anda beli.

Baca juga: Beginilah Memilih HP Samsung yang Tepat Sesuai Badget

2. Pastikan Garansinya

Dalam memilih dan membeli iPhone bekas, sebaiknya pastikan Anda membeli iPhone yang masih memiliki garansi yang berlaku secara resmi. Karena, dengan adanya garansi jika terjadi apa-apa maka Anda masih bisa membawanya ke outlet resmi iPhone.

Namun, biasanya iPhone yang masih memiliki garansi aktif memang dihargakan lebih mahal, tapi jika untuk kualitas yang lebih baik, mengapa tidak? Tetapi, jika Anda menginginkan iPhone yang sudah tidak memiliki garansi, sebaiknya pilih yang masa garansinya belum lama habis dan jangan sampai Anda memilih yang sudah digunakan bertahun-tahun.

Dan perlu Anda ketahui  bahwa tidak ada istilah international untuk garansi pada smartphone iPhone, melainkan yang ada adalah istilah garansi regional. Garansi regional artinya iPhone hanya bisa diklaim garansinya di negara iPhone tersebut dikeluarkan.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa lihat dibelakang kiri bawa dus iPhone. Berikut adalah contoh kode garansi regional iPhone dibeberapa negara :

  • MY/A: Malaysia
  • LL/A: Amerika
  • X/A: Australia
  • ZP/A: Singapore, Hongkong
  • PA/A: Indonesia

Anda bisa mengunjungi website Apple untuk mengetahui sisa masa garansi dari iPhone Anda. Dengan begini, penjual tidak akan bisa membohongi Anda terkait masa garansi yang masih tersisa pada iPhone yang dijual.

3. Tanyakan Nomor IMEI

Setelah mendapatkan smartphone iPhone yang Anda maksud, silahkan langsung baca saja deskripsi yang ditulis sang penjual serta pastikan semua kelengkapan perangkat masih lengkap dan semuanya masih original.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menanyakan nomor IMEI pada sang penjual. Jangan sampai Anda sudah deal tetapi masih belum mengetahui nomor IMEI iPhone yang Anda beli.

Nomor IMEI sangat berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jadi pastikan Anda mengetahui nomor IMEI iPhone yang Anda beli. Jika Anda sudah terlanjur membeli dan sang penjual tidak memberi tahu nomor IMEI nya, maka Anda bisa mengecek nya secara manual dengan pergi ke menu setting > general > about.

4. Ketahui Jenis-Jenis Perbedaan iPhone

Banyak kasus terjadi dimana sang pembeli tidak mengetahui perbedaan jenis-jenis smartphone iPhone dengan baik, akibatnya ketika sang pembeli dan penjual bertemu, transaksi batal terjadi karena pembeli menginginkan iPhone 5s padahal yang dijual adalah iPhone 5.

Jangan lewatkan: 7 Hal Ini Sebaiknya Dilakukan Jika Membeli Smartphone Baru

Memang kedua jenis iPhone ini hampir tidak bisa diketahui perbedaannya jika hanya dilihat dari keseluruhan desain, namun tetap saja terdapat beberapa perbedaan dengan fitur dan harganya. Jadi, pastikan Anda mengetahui tipe atau jenis iPhone yang ingin Anda beli.

5. Cek Kondisi Fisik, Software dan Pastikan Semua Masih Berfungsi Dengan Baik

Dan tips terakhir dari 5 tips membeli iPhone bekas atau second adalah Anda harus mengecek terlebih dahulu kondisi fisik, software dan Anda harus memastikan bahwa semua fitur nya masih berfungsi dengan baik.

Jangan sampai kondisi fisiknya sudah sangat jelek dan softwarenya juga sudah tertinggal dan memerlukan banyak sekali update yang bisa-bisa memakan waktu Anda. Dan jangan sampai juga ada fitur yang sudah tidak berfungsi, contohnya kamera yang tidak bisa dibuka.

Mencari smartphone iPhone bekas yang masih memiliki keadaan cukup baik serta bodi dan mulus akan memakan waktu serta kesabaran yang tidak sedikit, tetapi ini memang harus Anda lalui jika Anda benar-benar menginginkan smartphone iPhone bekas yang masih mempunyai rasa seperti iPhone baru.

Gambar: cnet.com