Type something and hit enter

Tips Memaksimalkan Memori Internal Kecil pada Smartphone
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi, maka smartphone juga semakin berkembang dan sudah dilengkapi berbagai macam fitur unik yang bisa semakin memenuhi kebutuhan manusia. Selain itu, spesifikasi yang digunakan juga semakin tinggi saja.

Bahkan, sekarang ini sudah ada smartphone yang memiliki memori internal berkapasitas 128 GB. Benar-benar menakjubkan, bukan? Namun, tentu saja smartphone dengan spesifikasi kapasitas memori internal sebesar itu juga dilengkapi dengan harga yang tidak murah. Tetapi, tentu saja masih ada pilihan yang lain seperti smartphone dengan memori internal berkapasitas 8 atau 16 GB.

Anda bisa mendapatkan smartphone dengan memori internel 8 atau 16 GB tentunya dengan harga yang jauh lebih murah lagi. Tapi, apakah Anda pernah berpikir bagaimana caranya memaksimalkan memori internal yang kecil pada smartphone?

Tips ampuh memaksimalkan kapasitas memori kecil pada ponsel Android

Sekarang, Anda bisa mengetahui bagaimana cara memaksimalkan kapasitas memori internal yang kecil pada artikel ini. Berikut 5 tips memaksimalkan memori internal yang kecil pada smartphone.

1. Hindari Install Aplikasi dan Game Berat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kapasitas memori internal yang kecil agar bisa menyimpan lebih banyak data lagi adalah dengan menghindari download atau install aplikasi atau game yang memiliki ukuran yang besar atau biasa disebut dengan istilah “game berat”.

Jangan sampai Anda memaksakan untuk menginstall game berat seperti FIFA, Need For Speed, dan Asphalt 8: Airbone pada smartphone Anda jika memori penyimpanan internal yang Anda gunakan berkapasitas kecil.

Baca juga: 5 Tips Membeli Smartphone Android China

2. Kecilkan Resolusi Foto Kamera Smartphone

Masih banyak pengguna smartphone yang tidak mengetahui bagaimana caranya memasilkan memori internal yang ada pada smartphone dengan cara mengecilkan resolusi foto pada kamera smartphone yang digunakan.

Padahal, cara ini cukup eketif dalam menghemat kapasitas penyimpanan memori internal. Semakin tinggi resolusi untuk menangkap foto pada kamera smartphone, maka semakin besar juga ukuran foto tersebut. Jadi, sebaiknya kecilkan resolusi kamera, kamera dengan kapasitas 3 MP saja sudah cukup untuk menghasilkan foto dengan kualitas bagus.

3. Kecilkan Resolusi Video Kamera Smartphone

Hampir sama seperti cara yang kedua diatas, Anda juga perlu mengecilkan resolusi pengambilan video menggunakan kamera smartphone kamu. Semakin besar resolusi untuk video yang digunakan, maka semakin besar juga ukuran video yang akan disimpan.

Sekarang banyak perusahaan smartphone yang memberikan fitur pengambilan video dengan resolusi 4K. Tapi, apa gunanya jika video dengan resolusi 640 x 480 saja sudah cukup untuk membuat sebuah video dengan kualitas yang bagus.

4. Jangan Menyimpan Musik Terlalu Banyak

Musik adalah salah satu data yang akan disimpan pada memori internal smartphone. Biasanya, satu file musik saja bisa sampai memakan kapasitas penyimpanan hingga 3 MB atau bahkan lebih. Coba saja jika ada sekitar 100 musik dengan ukuran 3 MB, maka penyimpanan memori internal Anda sebesar 300 MB sudah dihabiskan hanya untuk menyimpan musik.

Jika Anda memang menyukai banyak musik, mengapa tidak mencoba layanan musik online seperti Spotify? Dengan mendengarkan musik secara online maka Anda tidak perlu untuk menyimpan musik tersebut dan Anda juga tidak akan bosan dengan lagu yang itu-itu saja.

Baca: 6 Tips Smartphone Android Tetap Aman

5. Bersihkan Sampah dan Cache Secara Rutin

Dan cara terakhir yang bisa Anda lakukan demi memaksimalkan penyimpanan memori internal pada smartphone Anda adalah dengan membersihkan sampah atau junk files serta cache yang ada pada smartphone Anda secara rutin.

Sampah dan cache bisa menghabiskan ruangan penyimpanan internal smartphone Anda secara sia-sia. Mungkin masih banyak pengguna yang belum mengetahui hal ini, namun menghapus junk files dan cache secara rutin dapat membantu mengosongkan memori internal Anda.

Mempunyai memori internal dengan ukuran yang besar memang sangat menguntungkan, namun dengan harga yang lebih murah Anda juga bisa memaksimalkan memori internal yang kecil untuk menyimpan data yang lebih besar.

Gambar: Youtube.com