Type something and hit enter

Rahasia Letak Sensor Fingerprint pada Smartphone
Beberapa tahun kebelakang ini smartphone sudah dibekali berbagai macma tambahan fitur baik dari sisi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).

Salah satu fitur tambahan yang bisa dibilang cukup berguna adalah sensor fingerprint pada sebuah smartphone. Sensor fingerprint ini berwujud perangkat keras yang bisa mendeteksi sidik jari dari pengguna atau pemilik smartphone.

Dengan menggunakan sensor fingerprint ini, maka keamanan pada smartphone dianggap jauh lebih aman daripada menggunakan sistem keamanan pola atau kata sandi.

Namun, penambahan fitur ini tak hanya memberikan berbagai macam reaksi, tetapi juga menuai kontroversi serta pro dan kontra, apalagi dengan tata peletakan dari sensor

Baca juga: 7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Smartphone

Ada smartphone yang meletakan sensor fingerprint nya dibagian depan, dan ada juga pembuat smartphone yang meletakan sensor fingerprint nya dibagian belakang smartphone. Lalu, mana yang lebih baik? Berikut ulasan lengkapnya.

Sensor Fingerprint Bagian Depan

Sensor fingerprint yang terdapat dibagian depan biasanya digunakan oleh beberapa smartphone dari kelas menengah hingga kelas atas.

Peletakan sensor fingerprint dibagian depan dan biasanya yang terletak berdampingan atau berdekatan dengan tombol navigasi tentu memiliki kelebihan tersendiri, yaitu penggunaannya yang sangat ergonomis.

Karena biasanya para pengguna smartphone menggunakan jempol mereka pada tombol navigasi, maka tidak jempol mereka juga tidak terlalu jauh dengan sensor fingerprint tersebut dan bisa dengan mudah menjangkaunya.

Selain itu, sensor fingerprint yang terletak dibagian depan smartphone juga memudahkan penggunanya untuk menghidupkan serta membuka kunci smartphone baik pada saat smartphone tersebut tergeletak dan tidak perlu mengangkatnya.

Sensor Fingerprint Bagian Belakang

Sementara sensor fingerprint yang diletakan pada bagian belakang smartphone baru eksis beberapa saat yang lalu. Karena, sekarang ini lebih banyak smartphone yang meletakkan sensor fingerprint nya dibagian belakang smartphone tersebut.

Penggunaan sensor fingerprint pada bagian belakang juga terbilang cukup mudah. Karena jaraknya yang berdekatan dengan jari telunjuk pada saat kita memegangnya memudahkan kita untuk menjangkaunya. Hanya saja Anda harus mengangkat smartphone terlebih dahulu jika smartphone Anda tergeletak dan sensor fingerprint nya terletak dibagian belakang.

Sensor Fingerprint Depan VS Sensor Fingerprint Belakang

Jika dilihat secara seksama, maka tentu saja peletakan sensor fingerprint dibagian depan smartphone terkesan lebih ergonomis karena jarak yang mudah dijangkau oleh jempol dan berdekatan dengan tombol navigasi yang sangat sering digunakan.

Selain itu, kita tak perlu mengangkat smartphone jika smartphone kita tergeletak karena sensor fingerprint nya terletak dibagian depan smartphone.

Namun, hal tersebut tidak dapat bekerja pada smartphone atau ponsel yang memiliki ukuran yang lebih besar seperti ponsel phablet. Sensor fingerprint yang terletak dibagian depan pada ponsel phablet bisa membuat jempol Anda meregang untuk menjangkau bagian tombolnya.

Sementara walaupun sensor fingerprint yang diletakkan pada bagian belakang smartphone ini digunakan pada smartphone sekelas Samsung Galaxy S8 tentu tidak bisa membuatnya lebih baik daripada sensor fingerprint yang ada didepan. Karena kelemahannya yang mengharuskan pengguna untuk mengangkat smartphone nya jika tergeletak hanya untuk membuka kuncinya. Dan kesulitan yang dihadapi pengguna jika dipasang pada ponsel phablet, dimana pengguna harus menggeser tangannya kebagian tengah belakang smartphone agar telunjuk bisa menjangkaunya.

Mungkin jika secara keseluruhan sensor fingerprint yang diletakkan pada bagian depan smartphone lebih unggul daripada yang diletakkan pada bagian belakang, tetapi masih memiliki kelemahan jika digunakan pada smartphone yang berukuran jumbo.

Namun, ada lagi satu peletakkan sensor fingerprint pada smartphone, yaitu disamping. Sebenarnya sangat sedikit sekali vendor yang menggunakan peletakkan sensor fingerprint pada bagian samping smartphone. Selain akan menambah ketebalan, fitur sensor fingerprint ini juga tidak akan berfungsi jika smartphone dipasang case tambahan.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera Anda. Semoga saja teknologi canggih seperti ini terus berkembang sehingga nantinya para pengembang bisa menghasilkan sebuah inovasi yang menjadi sebuah terobosan baru pada smartphone.

Gambar: androidcentral.com