Type something and hit enter

5 penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya
Smartphone atau gadget mahal sekarang ini sudah melekat pada kehidupan sehari-hari manusia. Hampir setiap hari atau bahkan setiap saat manusia pasti membutuhkan smartphone. Jadi, sudah tak heran lagi jika banyak sekali orang yang memiliki gadget yang canggih dengan harga yang tinggi juga.

Dengan kecanggihan serta berbagai macam fitur yang ada didalamnya, smartphone sudah terbilang bisa memenuhi kebutuhan manusia yang tidak pernah habis. Sekarang, smartphone bisa mengabadikan momen-momen berharga dengan cara mengambil foto, atau membuat video. Bahkan sekarang smartphone sudah menjadi penghilang rasa bosan bagi penggunanya dengan cara memainkan game pada smartphone tersebut.

Inilah Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Kadang kalau smartphone sering digunakan secara terus menerus, produktivitas smartphone atau kualitasnya pasti menurun sehingga menyebabkan smartphone tersebut menjadi lemot atau ngelag. Tak sedikit juga pengguna yang merasa kesal dengan kejadian seperti itu.

Meski sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi serta kapasitas RAM nya yang selalu bertambah, pasti keluhan smartphone lemot selalu muncul dan bisa dengan mudah ditemui.

Lalu, sebenarnya apa hal yang menyebabkan smartphone menjadi lemot? Atau ada faktor lainnya dibandingkan dengan spesifikasi yang kurang mumpuni? Pada artikel ini Anda akan menemukan 5 penyebab serta mengatasi masalah smartphone yang lemot.

1. Dipaksa Bekerja Melewati Batasnya

Kadang, masih ada saja pengguna smartphone yang kurang cerdas. Jangan sampai Anda menjadi salah satu dari mereka. Biasanya, mereka memperlakukan smartphone mereka seenaknya.

Dengan spesifikasi smartphone yang pas-pasan, tetapi mereka menginginkan smartphone nya bisa menginstall berbagai macam aplikasi atau program, apalagi game berat.

Kasus seperti banyak sekali ditemui. Padahal, dengan menjalankan aplikasi berat secara bersamaan dan terus menerus saja sudah cukup untuk membuat smartphone menjadi lemot dan kinerjanya menurun. Apalagi jika dipaksa untuk menginstall aplikasi berat yang bahkan sudah diluar kemampuannya sendiri.

Sama halnya seperti manusia, smartphone juga memerlukan istirahat dan tidak bisa untuk dipaksa bekerja secara terus menerus hingga melewati batasnya.

2. Cache Yang Terlalu Banyak

Cache pada sebuah smartphone berguna untuk menyimpan data-data pada sebuah aplikasi agar mempercepat proses pada saat Anda menggunakan aplikasi tersebut di kemudian hari.

Namun, cache yang sudah terlalu banyak dan menumpuk serta tidak dibersihkan secara berkala tentu malah menghambat performa smartphone itu sendiri.

Bisa jadi smartphone Anda menjadi lemot karena cache yang menumpuk pada masing-masing aplikasi yang terinstall. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk membersihkan cache smartphone Anda secara rutin melalui menu pengaturan, lalu pilih aplikasi atau penyimpanan.

Simak juga: 7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Download Aplikasi Tambahan

3. Memori Internal Yang Penuh

Penyebab selanjutnya mengapa smarpthone menjadi lemot adalah penuhnya memori internal. Ini juga bisa disebabkan karena cache aplikasi yang menumpuk.

Jika cache aplikasi pada smartphone Anda sudah terlalu banyak dan kinerja smartphone nya semakin menurun, maka solusinya adalah dengan membersihkan memori internalnya.

Cobalah hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting dan jarang digunakan, atau aplikasi yang menyimpan data yang terlalu besar dan menghabiskan ruang penyimpanan, serta manfaatkan juga slot MicroSD. Anda bisa menyimpan foto dan video pada MicroSD Anda dan aplikasi ada memori internal smartphone Anda.

Baca juga: Tips Memaksimalkan Memori Internal Kecil pada Smartphone

4. Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Belakang Layar

Smartphone Android sekarang mempunyai fitur multi-tasking yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan dua aplikasi atau lebih secara bersamaan dan bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya melalui tombol Recents Apps.

Namun, resikonya RAM akan terkuras habis dan inilah salah satu penyebab smartphone menjadi lemot. Sebaiknya, gunakanlah aplikasi yang perlu digunakan saja dan jangan membuka aplikasi yang berjalan di belakang layar secara terus menerus.

Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan pada menu pengaturan lalu pilih aplikasi.

5. Software Yang Outdated

Para pengempang aplikasi akan memberikan update secara rutin terhadap aplikasi-aplikasinya. Dengan mengupdate software atau aplikasi pada smartphone Anda, maka dapat meningkatkan performa smartphone Anda juga.

Banyak aplikasi yang tertinggal adalah salah satu penyebab smartphone menjadi lemot. Tak hanya software atau aplikasi, Anda juga harus rutin mengecek ketersediaan update untuk sistem operasi agar selalu diupdate.

Dengan menerapkan 5 cara diatas maka dapat dipastikan performa atau kinerja smartphone Anda pasti akan meningkat lebih baik lagi dan bisa meminimalisit smartphone yang menjadi lemot.

Gambar: infoasus.com