Type something and hit enter

Begini Caranaya Membuat Password yang Aman tapi Mudah Diingat
Umumnya, dalam membuat sebuah akun atau mengakses data-data sensitive atau pribadi di internet, kita diharuskan untuk membuat sebuah username dan password.

Username dan password ini berguna agar orang yang mengakses data-data pribadi tersebut hanya Anda yang bisa. Bahkan, karena kecanggihan teknologi sekarang, smartphone-smartphone Android umumnya sudah dilengkapi dengan fitur pembuka kunci dengan password.

Namun, masih banyak sekali yang menggunakan password yang sangat sederhana dan sangat umum sehingga sangat rentan terhadap serangan hacker atau peretas untuk mencoba mengakses akun tersebut.

Alasannya, agar password tersebut mudah diingat dan tidak akan dilupakan. Kebanyakan orang hanya menggunakan password yang mudah ditebak seperti nama123 atau tanggal lahir.

5 Tips Membuat Password yang Aman Tetapi Mudah Diingat

Ada sebuah cara untuk membuat password yang aman dan mudah diingat. Lalu, bagaimana cara membuat password yang aman dan bisa dibilang anti-hack? Berikut ini 5 tips membuat password yang aman.

1. Kombinasi Huruf dan Angka Yang Familiar

Cara pertama untuk membuat password yang aman tetapi mudah diingat adalah dengan menggunakan kombinasi antara huruf dengan angka yang sudah sangat familiar atau mudah Anda ingat.

Misalnya, Anda bisa membuat password dengan menggunakan kombinasi antara nama sekolah, nama rumah lalu disertai dengan nomor favorit. Contohnya seperti smkn1krwng123.

Jangan lewatkan: 6 Tips Smartphone Android Tetap Aman

2. Menggantikan Huruf dan Angka Dengan Simbol Yang Mirip

Jika penggunaan kombinasi antara huruf dan angka terlalu mudah dan sederhana untuk ditebak, maka Anda bisa meningkatkan tingkat kerumitan dengan cara menggantikan huruf atau angka yang Anda gunakan dengan simbol yang mirip.

Misalnya huruf a dengan @, 5 dengan s dan lainnya. Sehingga jika saya menggunakan contoh dari poin nomor 1 diatas dari contoh password smkn1krwng123 menjadi 5mkn1k12wng. Dimana saya mengganti huruf s dengan nomor 5 dan huruf r dengan nomor 12.

3. Gunakan Nama Film, Game, Artis, Lagu Favorit Dengan Upper dan Lower Case.

Cara selanjutnya untuk membuat password yang rumit tetapi mudah diingat adalah dengan menggunakan nama film, game, artis, lagu buku atau hal yang menjadi favorit Anda disertai dengan kombinasi antara upper dan lower case.

Contohnya, jika Anda menyukai tokoh Sasuke dalam anime Naruto. Maka Anda bisa menggunakan password uChiHaSaSukE.

Atau Anda juga bisa menggunakan gabungan antara beberapa game favorit Anda dengan cara disingkat dan pastikan Anda juga menggunakan upper dan lower case atau huruf besar dan huruf kecil. Contohnya adalah password REGTAsanandreas. Password tersebut menggunakan game Resident Evil yang disingkat RE dan game popular GTA San Andreas yang menggunakan upper dan lower case.

Asal Anda mengingatnya dengan benar, maka tipe password seperti ini biasanya sangat susah untuk ditembus dan tergolong lebih aman daripada password yang lainnya pada umumnya.

4. Gunakan Pola Keyboard

Kebanyakan orang mengira bahwa dengan menggunakan pola yang ada pada keyboard untuk membuat sebuah password akan mudah ditebak dan gampang dihack. Padahal, jika Anda menggunakan pola keyboard yang tepat maka pola keyboard tersebut bisa dibuat menjadi password yang sangat susah untuk diretas tetapi mudah untuk diingat.

Contohnya, Anda bisa menggunakan pola keyboard QWERTYUIOP atau pola keyboard QAZ dan WSX lalu ditambah dengan kombinasi angka dibelakangnya sehingga menjadi QWERTYUIOP123 atau jika Anda menginginkan password yang lebih rumit, Anda bisa menggunakan kombinasi pola simbol keyboard yang berdekatan seperti ,./<>?.

Selain susah untuk diretas, Anda juga bisa dengan mudah mengingatnya karena Anda hanya tinggal melihat keyboard Anda.

Simak juga: 6 Hal Terlarang pada Smartphone Android

5. Menggunakan Nama Depan dan Belakang Orang Yang Disertai Dengan Kombinas Angka dan Simbol

Dan cara terakhir untuk membuat password yang sulit diretas tetapi mudah diingat adalah dengan menggunakan nama, baik nama depan, nama keluarga maupun nama belakang seseorang.

Apalagi jika nama yang digunakan adalah nama orang yang disukai. Anda juga bisa menambahkan angka setelah nama tersebut dan mengganti huruf dengan nomor yang mirip.

Contohnya adalah password Kh43r1yah02. Pada password tersebut, menggunakan nama seseorang yaitu Khaeriyah, lalu mengganti huruf dengan nomor yang mirip serta menambahkan angka 02 dibelakang namanya dan juga menggunakan kombinasi upper dan lower case.

Dan ini adalah password yang paling sulit untuk diretas atau dihack.

Anda bisa memilih mau menggunakan cara yang mana. Tetapi, sangat disarankan untuk menggunakan cara terakhir dimana Anda menggunakan nama orang yang selalu Anda ingat seperti nama seseorang yang Anda sukai. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan kombinasi angka serta upper dan lower case.

Gambar: blog.securitymetrics.com