Type something and hit enter

7 Hal Ini Sebaiknya Dilakukan Jika Membeli Smartphone Baru
Ketika Anda ingin membeli sebuah smartphone baru, Anda seharusnya melakukan beberapa hal pada smartphone Anda sebelum Anda benar-benar memakainya.

Selain menyimpan bukti pembayaran dan kartu garansi pada tempat yang aman, masih ada beberapa hal wajib yang harus Anda lakukan agar nantinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan seperti kinerja smartphone yang menurun lebih cepat dapat Anda hindari.

7 hal yang perlu dilakukan jika membeli smartphone baru

Sebenarnya hal-hal yang harus dilakukan seorang pengguna smartphone pada saat baru pertama kali membeli smartphone baru tergantung pada pengguna itu sendiri, namun setidaknya ada 7 hal wajib yang harus dilakukan semua pengguna smartphone.

1. Bersihkan Homescreen

Biasanya, pada saat pertama kali menggunakan smartphone baru, Anda akan menemukan banyak sekali widget pada homescreen smartphone Anda.

Maka, Anda wajib untuk membersihkan widget yang tidak perlu dan tidak sering digunakan. Isi saja homescreen Anda dengan widget-widget yang penting seperti tanggal dan waktu, aplikasi yang sering digunakan seperti pesan, browser, galeri, kontak dan pemutar musik.

Semakin sederhana sebuah homescreen pada smartphone, maka daya tahan baterai smartphone tersebut juga akan lebih hemat.

2. Hapus Bloatware

Bloatware atau aplikasi bawaan smartphone biasanya ada yang tidak digunakan oleh penggunanya. Alhasil, aplikas-aplikasi bloatware ini hanya akan memakan penyimpanan memori dan akan berdampak pada melambatnya performa smartphone nantinya.

Jadi, silahkan Anda pilih bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak terlalu penting dan Anda hapus saja. Namun, umumnya Anda tidak akan bisa menghapus aplikasi bawaan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tips lainnya: 7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Smartphone

Anda perlu mendownload aplikasi tambahan seperti Ccleaner yang bisa menghapus bloatware. Atau Anda bisa mencari cara menghapus bloatware di google sesuai dengan tipe smartphone baru yang Anda beli.

3. Login Akun Google

Jika Anda membeli smartphone baru dengan sistem operasi Android maka Anda wajib mempunyai setidaknya 1 akun google. Karena, smartphone Android adalah smartphone dengan sistem operasi yang dibuat oleh google, maka Anda wajib mempunyai akun google.

Dengan login atau sign-in akun google Anda pada smartphone Android Anda, maka Anda bisa menikmati fitur-fitur unggulan Android seperti Google Play Store, Google Music dan fitur-fitur lainnya yang bisa memaksimalkan pengalaman terbaik Anda dalam menggunakan smartphone baru Anda.

4. Set Auto-Update Apps

Smartphone baru umumnya sangat rentan terhadap malware atau ancaman berbahaya semacamnya, maka Anda perlu mengaktifkan fitur auto-update terhadap aplikasi-aplikasi penting yang Anda gunakan serta sistem operasi yang digunakan pada smartphone baru Anda tersebut.

Biasanya, dengan mengaktifkan fitur auto update ini maka celah keamanan yang bisa mengancam keamanan smartphone baru Anda, akan secara otomatis ditutup.
Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa pergi ke menu Google Play Store > Settings > Set Auto-Update Apps.

5. Mengamankan Smartphone

Selain mengaktifkan fitur auto update pada beberapa aplikasi, Anda juga jangan sampai lupa untuk mengamankan smartphone Anda.

Anda bisa menggunakan fitur kunci pengaman seperti PIN, pola atau password. Jika smartphone Anda dilengkapi dengan fitur sensor fingerprint, maka gunakan saja fitur tersebut.

6. Aktifkan USB Debugging

Pengguna smartphone yang masih awam biasanya tidak tahu dengan fitur USB Debugging. USB Debugging dianggap sebagai hal yang sepele.

Padahal, jika Anda mengaktifkan USB Debugging pada pengaturan smartphone, lalu pada kemudian hari Anda melupakan password pembuka smartphone Anda, maka dengan USB Debugging ini Anda bisa dengan mudah mereset smartphone Anda melalui komputer.

Simak juga: Hindari 5 Hal Ini dalam Membeli Smartphone Baru

7. Atur Notifikasi Yang Masuk

Mungkin hal terakhir ini sangat sering diabaikan oleh para pengguna smartphone. Coba bayangkan saja ketika Anda mempunyai banyak sekali aplikasi dan semua aplikasi tersebut memberikan berbagai macam notifikasi tidak penting yang memenuhi jendela smartphone, sangat menyebalkan, bukan?

Oleh karena itu, pastikan sebelum menggunakan smartphone baru Anda, Anda atur terlebih dahulu aplikasi mana saja yang boleh memberikan notifikasi masuk pada smartphone Anda. Dengan begini smatphone Anda jadi lebih rapih dan tidak penuh dengan notifikasi yang bahkan Anda sendiri tidak menginginkannya.

Itulah 7 hal yang sebaiknya dilakukan jika membeli smartphone baru. Silahkan Anda pilih saja hal mana saja yang sebaiknya Anda lakukan jika Anda membeli sebuah smartphone baru.

Gambar: yahoo.com