Type something and hit enter

Cara Mudah Mengatasi Bootloop pada Android
Selain memiliki seudang kelebihan dan menjadi sistem operasi untuk smartphone yang paling banyak digunakan hingga saat ini, Android juga memilliki beberapa kekurangan.

Salah satu kekurangan yang banyak terjadi dikalangan para penggunanya adalah Bootloop. Bagi orang awam, pasti belum pernah mendengar istilah bootloop ini dan tidak mengetahui apa-apa tentang istilah tersebut.

Apa itu Bootloop?

Bootloop merupakan kejadian error dimana smartphone Android Anda tidak bisa masuk ke home, melainkan mentok sampau di logo merk smartphone saja dan tidak bisa digunakan sama sekali.

Tentu ini adalah hal yang sangat menjengkelkan dan semua pengguna Android jelas-jelas tidak ada yang mau smartphone mereka terkena masalah seperti itu. Namun, mau tidak mau banyak yang telah menjadi korbannya.

Entah apapun alasannya, masih banyak pengguna yang tidak tahu bagaimana cara memecahkan solusi untuk masalah smartphone Android yang terkena bootloop.

Tetapi tenang saja, pada artikel ini Anda akan mengetahui 5 cara mengatasi masalah bootloop pada Android.

1. Wipe Cache

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah Android bootloop adalah dengan melakukan wipe cache.

Wipe cache adalah menghapus semua data cache yang tersimpan pada Android Anda. Dengan begini, Android Anda bersih dari segala cache yang membahayakan Android Anda.

Untuk melakukan wipe cache, Anda harus masuk ke mode recovery terlebih dahulu. Dan setiap smartphone Android memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke mode recovery sesuai dengan tipe serta merk smartphone.

2. Wipe Data atau Factory Reset

Cara yang kedua adalah dengan melakukan wipe data atau factory reset. Factory reset berarti Anda menghapus semua data yang ada di smarpthone Anda, mulai dari aplikasi, foto, video, musik hingga berkas atau file yang lainnya.

Cara ini juga biasa disebut dengan mengembalikan ke pengaturan awal/pabrik. Untuk melakukan wipe data atau factory reset, Anda harus pergi ke menu recovery terlebih dahulu sama halnya dengan wipe cache.

Dengan melakukan factory reset, maka smartphone Anda akan kembali seperti semula pada saat Anda membelinya pertama kali.

3. Restart

Cara ketiga ini adalah cara yang paling mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan merestart atau mematikan, lalu menghidupkan smartphone Anda.

Namun, perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa bekerja pada bootloop ringan dan tidak akan bekerja jika smartphone Anda memiliki masalah bootloop tingkat atas yang tidak bisa diselesaikan dengan cara yang mudah.

4. Custom ROM

Cara ke empat ini bisa dibilang cara yang cukup ampuh, karena dengan melakukan custom ROM atau menginstall ROM yang berbeda dan dibuat oleh pihak ketiga atau bukan developer asli pembuat smartphone, maka dapat dipastikan Anda tidak akan memiliki masalah bootloop lagi.

Anda bisa mencari custom ROM dan bagaimana cara menginstallnya di internet. Selain itu, tersedia juga berbagai macam pilihan custom ROM yang bisa Anda pilih sesuai selera. Namun, perlu Anda ketahui bahwa custom ROM bukanlah ROM resmi buatan pabrik dari vendor pembuat smartphone Anda, dan biasanya memiliki beberapa bug atau error.

Simak juga: 5 penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

5. Flashing

Dan cara yang terakhir dari ke lima cara mengatasi masalah android bootloop adalah dengan melakukan flashing.

Flashing adalah mereset smartphone Anda menggunakan stock ROM bawaan yang sudah disediakan oleh pabrik, dengan kata lain Anda akan menginstall ulang sistem operasi Android pada smartphone yang Anda gunakan.

Cara ini sangat efektif karena Anda akan melakukan install ulang secara keseluruhan. Namun, kadang caranya cukup sulit untuk beberapa smartphone.

Silahkan Anda bisa memilih salah satu cara dari lima cara diatas sesuai dengan tingkat kesulitan bootloop pada Android Anda.

Namun, jika semua cara sudah tidak berhasil sangat disarankan untuk melakukan flashing pada outlet-outlet professional atau meminta bantuan secara langsung kepada pihak pembuat smartphone.

Gambar: youtube.com