Type something and hit enter

7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Smartphone
Hampir setiap orang dari berbagai macam lapisan masyarakat sekarang ini mempunyai sebuah smarpthone. Sebuah ponsel pintar yang didukung dengan berbagai macam teknologi canggih dan bisa membantu serta memenuhi kebutuhan penggunanya.

Saking pentingnya, hampir semua pengguna smartphone ini pasti tidak bisa lepas dari smartphone miliknya, kemanapun bahkan sebelum dan setelah bangun tidurpun pasti akan mencarinya. Mengingat betapa pentingnya smartphone bagi Anda yang menggunakannya, maka Anda patut menjaganya dengan baik.

kebiasaan yang dapat Merusak Smartphone

Namun, kadang ada saja hal-hal atau kebiasaan kecil yang dianggap sepele, padahal bisa berakibat fatal terhadap smartphone. Apa sajakah kebiasaan kecil yang akan merusak smartphone? Berikut ini 7 kebiasaan kecil yang bisa merusak smartphone.

1. Membiarkan Baterai Sampai Benar-Benar Habis

Kebiasaan kecil pertama yang paling sering dilakukan oleh seorang pengguna smartphone adalah menggunakan smartphone nya terlalu lama, bahkan hingga baterainya sampai benar-benar habis.

Padahal, ketika daya yang ditampung baterai habis, maka sel-selnya akan mulai “tertidur” dan ketika semua sel kehabisan daya yang harus ditampung, maka proses “membangunkan” sel-sel tersebut akan memakan waktu yang lebih lama.

Bahkan, bukan tidak mungkin jika sel baterai tersebut akan kehilangan kemampuannya dalam menyimpan arus listrik, jadi segeralah charge smartphone Anda apabila sudah mencapai 20%.

2. Charge Menggunakan Laptop atau Komputer

Membahas masalah baterai dan charging smartphone, maka akan ditemukan 1 kebiasaan kecil lainnya yang bisa merusak smartphone, yaitu men-charge atau mengisi daya baterai smartphone menggunakan laptop atau komputer.

Dengan menghubungkan smartphone dengan laptop, maka kita bisa baik mengirim maupun menerima data (transfer data) dengan mudah tanpa koneksi internet, bahkan kita juga bisa men-charge smartphone kita.

Tetapi, apakah Anda tahu bahwa melakukan aktivitas charging menggunakan laptop atau komputer bisa membahayakan smartphone? Gunakan laptop atau komputer Anda untuk men-charge smartphone Anda hanya pada saat darurat, karena jika terlalu sering memakainya untuk charging smartphone maka kesehatan baterai atau bahkan laptop yang digunakan akan terancam.

3. Charge Menggunakan Charger Mobil

Selain menggunakan laptop atau komputer, kita juga bisa menggunakan aki mobil untuk memberikan daya terhadap baterai smartphone. Namun, sama halnya ketika men-charge smartphone dengan laptop dan komputer, mengisi daya baterai smartphone menggunakan charger mobil juga bisa membahayakan smartphone itu sendiri.

Hal ini disebabkan karena arus listrik yang masuk belum tentu stabil, apalagi jika jalan yang dilalui mobil tidak mulus, maka yang ada komponen smartphone Anda akan rusak satu per satu.

4. Menggunakan Powerbank Abal-Abal

Sekarang ini sudah banyak sekali oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menjual powerbank murah dengan menggunakan brand-brand terkenal seperti Samsung. Padahal, Samsung tidak pernah memproduksi powerbank.

Jika Anda menggunakan powerbank abal-abal yang tidak berkualitas seperti ini, maka smartphone Anda kemungkinan akan menjadi rusak. Belilah hanya powerbank yang berkualitas dan kapasitas yang ditunjukkan sesuai dengan aslinya.

5. Charge Baterai Semalaman

Salah satu kebiasaan yang dianggap sepele para pengguna smartphone adalah men-charge baterai smartphone nya semalaman. Memang benar bahwa smartphone-smartphone canggih zaman sekarang sudah menggunakan teknologi yang bisa menghentikan aliran arus listrik ketika baterai smartphone sudah penuh walaupun masih dicolokkan pada kabel charger.

Tetapi, walaupun begitu kemarin-kemarin tentu Anda sendiri mengetahui bahwa banyak kasus tentang smartphone yang meledak ketika diisi daya. Kita sendiri masih belum tahu pasti apa penyebabnya, jadi lebih baik hindari aktivitas charging smartphone semalaman.

6. Smartphone Juga Butuh Istirahat

Banyak pengguna smartphone yang menganggap bahwa smartphone nya bisa digunakan dan bekerja dalam jangka waktu yang lama dan secara terus menerus. Padahal, sama halnya dengan manusia, smartphone juga memerluka istirahat, yaitu menonaktifkan semua fitur dan aplikasi yang berjalan.

Pada beberapa smartphone kelas atas, tersedia fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal kapan smartphone Anda bisa “beristirahat”.

7. Membiarkan Smartphone Overheat

Istilah overheat atau terlalu panas adalah kondisi dimana smartphone memiliki suhu yang sangat panas. Pada umumnya, sebuah smartphone diatur agar dapat bekerja pada suhu -10 derajat Celsius hingga 35 derajat Celsius.

Jika smartphone Anda telah melampaui batas suhu diatas, besar kemungkinan komponen smartphone Anda akan cepat rusak. Jadi, usahakan lah segera istirahatkan dan dinginkan smartphone Anda jika dirasa sudah cukup panas.

Ternyata, cukup banyak kan kebiasaan kecil yang bisa merusak smartphone? Jadi, mulai sekarang gunakanlah smartphone Anda dengan bijak dan jangan sampai hanya ponsel Anda saja yang smart, Anda juga harus menjadi smart-user.

Gambar: gizmogrindca.wordpress.com