Type something and hit enter

7 Cara Menghemat Baterai Smartphone
Semua smartphone sudah dirancang oleh produsennya agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tentunya pada produsen sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan performa serta kinerja smartphone dalam jangka waktu yang lama juga.

Namanya juga smartphone tentu tidak bisa terus-terusan bekerja dan membutuhkan istirahat layaknya seorang manusia. Jika tidur untuk manusia, maka men-charge smartphone bisa memulihkan daya smartphone.

7 cara menghemat baterai smartphone tanpa harus install aplikasi

Tentu saja tidak nyaman bukan jika harus selalu men-charge smarphone dalam jangka waktu yang cepat? Biasanya hal ini sering terjadi pada pengguna smartphone dengan daya tahan baterai yang singkat dan kapasitas baterai yang rendah.

Namun, bukan hal yang mustahil untuk menghemat daya tahan baterai tanpa harus mendownload dan menginstall aplikasi pihak ketiga. Berikut ini 7 cara menghemat baterai smartphone tanpa harus download aplikasi.

1. Nyalakan Mode Hemat Baterai

Biasanya, pada smartphone-smartphone canggih tertentu sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya. Anda bisa mengaktifkan mode hemat daya tersebut sehingga smartphone akan melakukan berbagai macam usaha untuk menghemat daya tahan baterai baik dengan menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan maupun dengan cara yang lain.

Cara ini terbukti efektif karena tanpa harus mendownload aplikasi tambahan, Anda bisa memaksimalkan fitur bawaan smartphone untuk menghemat baterai.

Artikel terkait: Cara Merawat Smartphone Non-Removable Batteray

2. Kecilkan Kecerahan Layar

Anda harus mengetahui bahwa layar smartphone yang Anda gunakan adalah salah satu penguras daya tahan baterai yang paling banyak.

Jadi, usahakan atur kecerahan atau brightness layar smartphone Anda agar tidak terlalu terang, namun tetap nyaman dilihat mata.

3. Matikan Wifi, Data Seluler, dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Jika Anda sedang tidak menggunakan smartphone Anda, alangkah baiknya jika Anda menonaktifkan semue konektivitas pada smartphone seperti wifi, data seluler sertaa bluetooth.

Karena, konektivitas seperti itu akan menguras baterai smartphone Anda secara percuma, aktifkan saja jika memang diperlukan.

4. Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Banyak pengguna smartphone Android yang membiarkan aplikasinya terbuka dan berjalan secara otomatis walaupun sedang tidak digunakan.

Padahal, aktivitas dibelakang layar semacam ini dengan mudah menguras daya baterai smartphone dengan cepat. Jadi, pastikan Anda menutup semua aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi dan tidak berjalan dibelakang layar.

Caranya, silahkan Anda tekan tombol recent apps, atau multitasking pada tombol navigasi smartphone Android Anda, dan silahkan swipe pada aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi untuk menutupnya.

5. Persingkat Waktu Stand-By (Time-Out) Layar Smartphone

Anda sudah mengetahui bahwa layar smartphone adalah pengkonsumsi baterai yang paling besar. Jadi, tentu mempersingkat waktu stand-by atau time-out layar smartphone Anda akan menghemat baterai smartphone Anda juga.

Misalnya, dari waktu dua menit, Anda bisa mengubah waktu layar smartphone untuk mati menjadi 15 detik. Setelah itu Anda bisa merasakan sendiri baterai Anda menjadi lebih hemat lagi.

6. Matikan Fitur GPS

GPS atau layanan lokasi adalah pengkonsumsi daya baterai terbesar pada smartphone selain layar smartphone itu sendiri.

Jadi, silahkan Anda matikan fitur GPS pada smartphone Anda melalui menu pengaturan atau settings. Karena, jika terus dinyalakan maka GPS akan terus memperbarui informasi lokasi serta cuaca secara otomatis dan akan terus menguras baterai smartphone secara terus-menerus.

7. Gunakan Wallpaper Gelap

Dan cara terakhir untuk menghemat baterai smartphone tanpa harus menginstall aplikasi tambahan adalah dengan menggunakan wallpaper dengan tema atau warna yang gelap.

Walaupun tidak terlalu besar efeknya, dengan menggunakan wallpaper yang menggunakan warna yang gelap dan tidak mengharuskan smartphone untuk menampilkan berbagai macam warna yang banyak bisa menghemat baterai smartphone Anda.

Silahkan Anda terapkan dan praktekan 7 cara diatas, maka bisa dipastikan Anda akan merasakan bahwa baterai smartphone Anda akan menjadi lebih hemat daripada biasanya.

Gambar: home.bt.com