Type something and hit enter

6 Tips Smartphone Android Tetap Aman
Smartphone Android adalah smartphone yang paling mendominasi pasar penjualan smartphone hingga saat ini. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, sistem operasi Android yang bersifat Open-Source atau terbuka sangat memudahkan para penggunanya untuk berkreasi.

Mereka dapat mengutak-atik smartphone nya sendiri tanpa ada batasan dan tentunya sesuai dengan tingkat kreativitas mereka sendiri. Namun, itu hanyalah sisi positif dari sifat sistem operasi Android yang open-source ini.

Dampak negatifnya, para golongan yang hanya ingin menginginkan keuntungan tanpa memperdulikan orang lain seperti hacker biasanya akan membuat berbagai macam aplikasi berbahaya yang bisa mengancam keamanan para pengguna Android, seperti malware atau aplikasi lainnya yang bisa mencuri password, data-data akun pribadi atau bahkan mungkin data perbankannya.

Tips agar smartphone Android tetap aman

Anda sebagai pengguna smartphone Android juga sudah harus bisa mengamankan Android Anda. Tetapi, bagaimana caranya? Berikut ini 6 tips agar smartphone Android tetap aman.

1. Enkripsi Smartphone

Cara pertama yang seharusnya Anda lakukan adalah mengenkripsi smartphone Anda. Google sudah menyediakan layanan ini pada setiap smartphone Android nya sejak dulu.

Setelah mengaktifkan layanan enkripsi, maka Anda akan diminta untuk membuat password atau PIN yang Anda gunakan untuk membuka smartphone, membuka aplikasi dan membuka beberapa layanan tertentu. Jadi, dengan mengenkripsi smartphone Anda, maka semua data Anda akan disimpan sebaik mungkin walaupun smartphone Anda telah di-hack atau bahkan dicuri.

Untuk mengaktifkan layanan enkripsi ini, Anda bisa pergi ke Settings > Security > Encrypt Phone.

Tips sebelumnya: 7 Cara Menghemat Baterai Smartphone Tanpa Download Aplikasi Tambahan

2. Selalu Gunakan App Permission

Pada sistem operasi Android 6.0 atau Marshmallow, Google menghadirkan fitur baru yang sangat berguna dan bisa menambah tingkat keamanan pada smartphone Androidnya.

Fitur yang dimaksud adalah App Permission dimana smartphone akan selalu meminta izin kepada pengguna setiap ada aplikasi yang akan diinstall pada smartphone. Dengan begini, pengguna tentunya bisa terhindar dari aplikasi-aplikasi sampah yang memaksa agar bisa diinstall pada smartphone.

3. Pasang Aplikasi Android Device Manager

Mungkin masih belum banyak pengguna Android yang mengetahui tentang aplikasi bawaan Android ini, yaitu Android Device Manager.

Karena ketidaktahuan, akhirnya banyak pengguna Android yang memutuskan untuk menonaktifkan layanan Android Device Manager. Padahal, aplikasi ini sangat berguna ketika Anda kehilangan smartphone Anda.

Android Device Manager bisa membantu Anda menemukan lokasi smartphone Anda melalui situs webnya, selain itu Anda juga bisa memasang PIN pada scree-lock smartphone Android Anda.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengambil semua data-data penting yang ada di smartphone, lalu menghapus semua data yang ada didalamnya. Jadi pastikan Anda mengaktifkan layanan Android Device Manager ini.

4. Simpan Data Pada Penyimpanan Internal atau Penyimpanan Terpisah

Banyak orang yang kesal dan tidak tahu mengapa smartphone Android sekelas Google Nexus atau smartphone terkenal lainnya seperti iPhone tidak menyediakan slot SD card atau memori eksternal. Pasalnya, sekarang kasus pencurian data melalui memori eksternal semakin banyak.

Selain itu, ketika smartphone terhubung pada komputer, maka komputer dengan mudah bisa membaca memori eksternal yang membuka kemungkinan pencurian data. Jadi, lebih baik Anda simpan saja data-data pada memori internal smartphone Android Anda.

Tetapi, agar memastikan kemanan data, backup atau cadangkan juga data-data penting Anda pada penyimpanan yang terpisah, tetapi bukan seperti SD card yang terpasang pada smartphone, tetapi seperti flashdisk yang bisa Anda simpan pada tempat yang aman.

5. Pastikan Jaringan Internet Yang Digunakan Aman

Jika jaringan internet yang Anda gunakan untuk melakukan browsing pada smartphone Android Anda tidak aman, maka para peretas dan pencuri data dapat dengan mudah masuk menyusup dan mencuri data Anda satu per satu.

Anda bisa mengamankan jaringan atau koneksi internet Anda menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network) pada smartphone Anda yang memungkinkan semua informasi yang Anda kirim di seluruh situs yang Anda lalui akan terenkripsi secara otomatis dan identitas Anda tidak akan mudah diketahui.

6. Jangan Gunakan WiFi Sembarangan

Akui saja bahwa Anda adalah salah satu pengguna smartphone yang sangat mengidam-idamkan internet gratis seperti WiFi gratis. Biasanya beberapa kafe atau restoran rela memberikan layanan internet gratis. Namun, tahukah Anda bahwa menggunakan jaringan WiFi sembarangan seperti ini bisa membahayakan keamanan smartphone Anda?

Penjahat bisa dengan mudah mengintai Anda melalui jaringan yang sama, selain itu kode-kode berbahaya juga bisa dengan mudah masuk dan menyerang smartphone Anda. Jadi, pastikan Anda menggunakan koneksi WiFi gratis yang aman.

Jangan lewatkan: 7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Smartphone

Selalu jaga kemanan smartphone Android Anda, karena sekarang sudah banyak para penjahat yang bermunculan dan bergerak dibidang teknolog, dan target utamanya adalah para pengguna smartphone.

Gambar: alltop9.com