Type something and hit enter

6 Hal Terlarang pada Smartphone Android
Smartphone atau ponsel pintar adalah generasi ponsel (HP) yang sudah sangat canggih dibantu dengan berbagai macam perkembangan teknologi.

Dengan smartphone, kita bisa melakukan berbagai macam hal hebat, seperti bermain game secara online, menonton video tanpa harus pergi ke bioskop dan lain sebagainya.

Namun, biasanya banyak sekali pengguna smartphone yang mengabaikan beberapa hal dan menggunakan smartphone mereka sebagai mana mereka menginginkannya atau asal-asalan. padahal ada beberapa larangan yang jangan sampai dilakukan oleh seorang pengguna smartphone.

Hal-hal terlarang menggunakan smartphone Android

Jika Anda adalah pengguna smartphone juga, maka Anda perlu mengetahui informasi tentang larangan yang tidak boleh dilakukan terhadap smartphone tersebut. Berikut ini 6 larangan yang tidak boleh dilakukan pada sebuah smartphone.

1. Tidak Memberikan Kunci Pengaman

Sekarang ini banyak sekali pengguna smartphone yang malas menggunakan fitur pengunci smartphone. Padahal, itu adalah sebuah hal yang menjadi larangan tersendiri bagi para pengguna smartphone.

Setiap smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan fitur kunci guna kepentingan kemanan dengan berbagai macam pilihan, seperti pin, pola atau bahkan yang sedang ramai dibicarakan sekarang ini, sensor fingerprint atau sidik jari.

Banyak sekali data penting pada sebuah smartphone, mungkin juga ada beberapa informasi seperti password akun, atau informasi penting lainnya yang hanya boleh diketahui oleh pemilikinya, lalu bagaimana jika ada yang membuka smartphone nya dan mengetahui semua informasi tersebut?

Jadi, memasang fitur penguncian pada sebuah smartphone sangat penting.

Baca juga: 7 Hal Ini Sebaiknya Dilakukan Jika Membeli Smartphone Baru

2. Mengabaikan Update Software

Banyak pengguna smartphone yang mengabaikan notifikasi tentang update software atau bahkan sistem operasi yang terbaru. Padahal, setiap pengembang pasti akan melakukan berbagai macam update terhadap software yang telah dibuatnya.

Tak terkecuali Google yang selalu memberikan update terhadap sistem operasi Android nya. Tak hanya memberikan tampilan baru, dengan mengupdate software smartphone Anda juga akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap serta perbaikan pada celah keamanan.

3. Jangan Charge Smartphone Melalui USB Komputer

Salah satu kebiasaan jelek dan tidak boleh ditiru yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone adalah mengecas smartphone nya melalui USB komputer.

Selain berbahaya untuk baterai, mengecas dengan metode seperti ini juga bisa berbahaya terhadap data serta informasi yang ada didalam smartphone. Bisa saja data-data yang ada didalam smartphone malah berpindah ke komputer yang digunakan.

4. Jangan Lupa Backup

Melakukan backup atau pencadangan juga jarang dilakukan. Padahal, melupakan backup adalah sebuah hal terlarang yang harus dihindari oleh para pengguna smartphone.

Selalu lah lakukan backup secara berkala baik backup online dengan internet atau melalui flash disk atau hard drive yang terpisah.

Dengan melakukan backup, jika dikemudian hari Anda kehilangan data penting, maka Anda bisa mendapatkannya kembali dengan cara restore.

5. Jangan Semuanya Disimpan Secara Online

Tetapi, walaupun melakukan backup adalah sebuah hal yang sangat penting. Jangan sampai Anda hanya melakukan backup online pada beberapa situs. Anda juga harus melakukan backup ke komputer Anda atau tempat penyimpanan offline lainnnya.

Mengapa? Karena Anda tidak akan tahu sampai kapan layanan penyimpanan data online tersebut bertahan. Jangan sampai Anda kehilangan data Anda hanya karena layanan penyimpanan data online yang sudah biasa Anda gunakan sudah rusak atau ditutup.

Hal seperti ini pernah terjadi pada saat orang banyak menggunakan layanan MegaUpload.

6. Jangan Install Asal Aplikasi

Hobi seorang pengguna smartphone pada saat mendapatkan layanan internet yang berlimpah serta kecepatan yang sangat cepat seperti pada saat menggunakan sinyal 4G adalah mendownload dan menginstall berbagai macam aplikasi.

Walaupun menginstallnya dari Google Playstore, tidak semua aplikasi yang dari Google Playstore itu aman. Banyak aplikasi yang mengandung malware berbahaya, apalagi jika Anda mendapatkannya diluar dari Google Playstore. Jadi selalu perhatikan setiap aplikasi yang Anda install pada smartphone Anda.

Itu dia 6 larangan yang seharusnya jangan sampai dilakukan oleh para pengguna smartphone termasuk Anda jika Anda ingin smartphone Anda tetap “sehat”.

Gambar: gadgets.ndtv.com