Type something and hit enter

5 Tips Membeli Smartphone Asus Bekas dari Toko Online
ASUS merupakan salah satu produsen smartphone Android yang sudah sangat populer sekarang ini. Sejak kemunculunnya pada tahun 2014 silam, ASUS mampu bersaing di kancah pembuat smartphone internasional dan mungkin sempat mengancam dominasi perusahaan pembuat smartphone besar lainnya.

Buktinya, hingga kini ASUS berhasil menempat posisi 3 sebagai perusahaan pembuat smartphone yang paling digemari di Indonesia, dibawah Samsung dan Oppo. ASUS menjadi brand pembuat smartphone yang sangat digemari di Indonesia bukan tanpa alasan. Pasalnya, ASUS sangat terkenal dengan smartphone Android Zenfone Series nya yang mulai diproduksi beberapa tahun yang lalu.

Pembuatan seri ASUS Zenfone ini pun akhirnya berhasil mencuri perhatian para penggemar smartphone Android Indonesia.

Tips membeli HP Asus Bekas/Second dari Toko Online

Jika Anda adalah salah satu peminat smartphone Android ASUS tetapi tidak mempunyai dana yang cukup, maka Anda bisa membeli smartphone ASUS secondhand alias bekas yang dijual oleh beberapa marketplace Indonesia secara online.

Tapi, mengapa harus online? Karena dengan sistem online seperti ini akan jauh lebih menghemat waktu, tenaga dan uang yang harus Anda keluarkan. Namun, apakah aman membeli smartphone ASUS di toko online? Bukankah sekarang sedang marak kasus penipuan? Tenang saja, Anda bisa melihat beberapa tips dibawah ini.

Berikut ini 5 tips aman membeli smartphone ASUS bekas di toko online.

1. Menggunakan Marketplace

Tips pertama bagi Anda yang ingin membeli smartphone ASUS bekas di toko online, adalah dengan menggunakan marketplace.

Sebaiknya, Anda menggunakan marketplace-marketplace yang berasal dari Indonesia sendiri, seperti Bukalapak, Tokopedia dan lainnya. Marketplace adalah pihak ketiga yang akan menjamin semua proses transaksi Anda hingga uang sampai ke penjual dan barang selamat sampai tujuan pembeli.

Lebih disarankan lagi agar Anda memilih marketplace yang memiliki reputasi baik dan yang memberi kemudahan dalam bertransaksi serta proses retur barang yang tidak sulit, selain itu pastikan juga bahwa pihak marketplace bersedia membantu jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Jika Anda sudah memilih marketplacenya, Anda bisa langsung mengetikkan kata kunci smartphone ASUS beserta tipe yang ingin Anda beli. Pastikan juga Anda menggunakan fitur sortir atau filter sehingga barang yang tampil adalah barang bekas dengan harga yang lebih murah dan rentang harga sesuai dengan budget Anda.

Baca juga: 5 Tips Membeli HP iPhone Second atau Bekas

2. Pilih Yang Fullset dan Bergaransi Resmi

Setelah tampil daftar smartphone ASUS bekas yang dijual, silahkan Anda baca dan perhatikan deskripsi produk satu per satu. Pilihlah smartphone ASUS bekas yang masih fullset dan bergaransi remsi, tetapi apabila tidak fullset setidaknya tetap harus ada garansi resminya.

Smartphone ASUS yang bergaransi resmi biasanya terdapat label TAM atau deskipsi produk yang menyebut salah satu dari 3 PT distributor smartphone ASUS di Indonesia, yaitu PT Erajaya Swasembada Tbk, PT Datascrip, dan PT Synnex Metrodata Indonesia.

Anda juga lebih disarankan untuk memilih smartphone ASUS bekas yang masa penggunannya masih dibawah dari 5 bulan.

3. Perhatikan Reputasi Penjual

Dalam marketplace, setiap penjual biasanya akan memiliki reputasinya masing-masing tergantung dari kualitas produk yang dijual, seberapa cepat membalas chat, serta sudah berapa lama ia bergabung dengan marketplace tersebut.

Silahkan Anda pilih barang dengan penjual yang sudah terpercaya, Anda bisa melihat dari feedback atau umpan balik dari para pembelinya dan ulasan dari produk yang ia jual. Jika ternyata ulasan negatifnya jauh lebih banyak dari ulasan positif dan banyak pembeli yang mengeluhkan barang sang penjual, sebaiknya Anda mencari penjual lain yang lebih terpercaya.

4. Hubungi Penjual Melalui Fasilitas Chat Yang Disediakan

Jika Anda sudah menemukan penjual yang tepat yang menjual smartphone ASUS bekas impian Anda, selanjutnya Anda harus menghubungi sang penjual.

Dengan menghubungi penjual melalui fasilitas chat, Anda bisa lebih mengetahui kondisi produk, Anda juga bisa menanyakan berbagai hal yang perlu Anda tanyakan jika penjual tidak mencantumkannya di deskripsi.

Pastikan Anda juga menanyakan apakah semua fungsi smartphone masih berfungsi dengan baik, kondisi smartphone, kelengkapan serta jangan lupa tentang garansi resminya.

Jangan lewatkan: 7 Hal Ini Sebaiknya Dilakukan Jika Membeli Smartphone Baru

5. Beri Catatan Pada Penjual Jika Sudah Deal

Dan tips terakhir adalah, ketika Anda sudah menemukan titik sepakat dan sudah siap menekan tombol “Beli” biasanya Anda akan diberi pilihan untuk mencantumkan catatan yang akan diberikan kepada penjual. Silahkan Anda cantumkan catatan, contohnya adalah "Sesuai deskripsi dan bergaransi resmi. Bukan garansi resmi, maka CANCEL."

Ketika barang sudah Anda terima, silahkan langsung Anda cek semuanya dan apakah cocok dengan deskripsi. Jika semuanya sudah sesuai keinginan, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi agar uangnya diberikan kepada penjual dan transaksi dinyatakan sudah selesai.

Itu dia 5 tips membeli smartphone ASUS bekas melalui toko online. Jangan pernah takut untuk melakukan transaksi secara online jika kamu sudah mengetahui tips-tips serta langkah-langkah yang benar, seperti membeli smartphone ASUS bekas.

Gambar: gadgetsnow.com